FUNGSI ALGORITMA RSA UNTUK MEMODIFIKASI DAN MENINGKATKAN PENGAMANAN ACAKAN BISS

Indra Gunawan, Sumarno Sumarno, Heru Satria Tambunan

Abstract


AMIK dan STIKOM Tunas Bangsa yang memiliki keunggulan kompetitif  merupakan jantung kinerja lembaga sebuah pendidikan dalam sebuah pasar yang kompetitif.  Banyak faktor yang mempengaruhi keunggulan sebuah Akademi Ilmu Komputer. Faktor-faktor tersebut diantaranya  merancang dan meningkatkan sebuah keamanan data. Pada saat ini, sudah begitu banyak media-media informasi, promosi, perfilman dan olah raga yang sangat berperan untuk memberikan suatu pengetahuan yang dapat mempengaruhi perubahan di masyarakat. Salah satu contoh media yang sangat berhasil tersebut untuk saat ini adalah media televisi. Dengan adanya media televisi yang dibarengi dengan keluarnya produk-produk digital-reciever yang digunakan untuk sarana penangkapan sinyal siaran melalui satelit, dapat menekankan bahwa media televisi benar-benar dapat dijadikan sebagai patokan untuk sarana penyampaian informasi karena sudah mengacu kepada audio dan visual yang dapat memperjelas suatu keadaan secara langsung. Didalam penyampaian informasinya, media televisi dapat melibatkan media-media yang lain seperti media massa, media cetak, media pendidikan, media olah raga, media perfilman dan media internet sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat karena sudah mengacu kepada audio dan visual, yang sekarang ini biasa disebut dengan multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sebuah sistem keamanan suatu jenis acakan dengan memodifikasi algoritma yang digunakan yaitu dengan menggunakan fungsi algoritma RSA untuk memodifikasi acakan BISS agar keamanan data bisa menjadi lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Full Text:

PDF

References


Gani, D. Jenis Acakan Dengan System BissKey. 2013. http://mahasiswa.ung.ac.id/521413035/hone/2013/9/page/39. Diakses pada tanggal 9 Juni 2018.

Gunawan, I. Pengamanan Acakan BISS Menggunakan Algoritma RSA. Jurnal Riset Informasi dan Teknik Informatika (JURASIK), Vol. 2. No. 1. pp. 58-63. Juli 2017.

Gani, P. I. & Abdurrohman, M. Selective Encryption of Video MPEG use RSA Algorithm. 1st International Conference on Information Technology, Computer and Electrical Engineering (ICITACEE). IEEE 978-1-4799-6432-1/14/$31.00. 2014.

Gunawan, I. Kombinasi Algoritma Caesar Cipher dan Algoritma RSA untuk Pengamanan File Dokumen dan Pesan Teks. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan (InfoTekjar), Vol. 2, No. 2, pp. 27-32. Maret 2018.

Gunawan, I. Penggunaan Brute Force Attack dalam Penerapannya pada Crypt8 dan CSA-Raibow Tool untuk Mencari BISS. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan (InfoTekjar), Vol. 1, No. 1, pp. 52-55. September 2016.

Gunawan, I., Sumarno, Irawan, E., Tambunan, H. S. Pengamanan Berkas Dokumen Menggunakan Fungsi Algoritma Steganografi LSB. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika (ALGORITMA). Vol. 2, No. 1, pp. 61-65. April 2018.

Sianipar, K. D. R., Purba, L. C., Siahaan, S. W., Gunawan, I., Sumarno. Pengamanan File Gambar Menggunakan Fungsi Algoritma Steganografi LSB dari Serangan Brute Force. Jurnal Teknik Informatika (TECHSI). Vol. 10, No. 1, pp. 155-162. April 2018.

Gunawan, I. & Sumarno. Penggunaan Algoritma Kriptografi Steganografi Least Significant Bit untuk Pengamanan Pesan Teks dan Data Video. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI). Vol. 2, No. 1, pp. 57-63. Maret 2018.

Gunawan, I., Sumarno, Tambunan, H. S., Irawan, E., Kirana, I. O. Fungsi Algoritma Kriptografi Hill Cipher untuk Pengamanan File Gambar dan Pesan Teks. Jurnal Teknik Informatika (TECHSI). Vol 10, No. 1, pp. 119-128. April 2018.

Munawan. Perancangan Algoritma Sistem Keamanan Data Menggunakan Metode Kriptografi Asimetris. Jurnal Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Edisi 1, Vol. 1. 2012.

Wahyuni, A. Keamanan Pertukaran Kunci Kriptografi dengan Algoritma Hybrid : Diffie-Hellaman dan RSA. Majalah Ilmiah Informatika, Vol. 2, No. 2. 2011.

Priyono, B. S. BISS vs CSA – Istilah-istilah Seputar Persatelitan. http://www.forumsatelit.com/tutorial-teknis-parabola-dan-televisi-satelit/istilah-istilah-seputar-dunia-persatelitan/40/. Diakses pada tanggal 9 Juni 2018.




DOI: https://doi.org/10.24114/cess.v3i2.9971

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)

Creative Commons License
CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License