HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X SMK NEGRI SE – KOTA MADYA MEDAN

Rara Maizura Athariq, Jintar Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. 2) Untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. 3) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, Reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan 1) Terdapata hubungan yang positif dan berarti antara lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar Kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rxly>rtabel = 0,2448 > 0,227 dengan harga thitung > ttabel = 2,2841 > 1,992. 2) Terhadap hubungan positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Gambar Teknik Dasar siswa kelas X SMK Negeri se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilay rx1y> rtabel = 0,2543 > 0,227 dengan harga thitung > ttabel = 2,3708 > 1,992. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar siswa kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. R = 6,24 > Rtabel = 0,227, sehingga Rhitung> Rtabel yaitu (6,24 > 0,227), dan diperoleh determinasi R2 sebesar 39,03 yang berarti Lingkungan (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) dengan harga hitung fhitung = 41,30 > ftabel = 3,13.

Dengan demikian Lingkungan dan Kemandirian Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar.

 

Kata Kunci: Gambar Teknik Dasar,  Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan

 

 

 

 

1

ABSTRACT
This study aims to determine: 1) To determine the relationship between the learning environment on the learning outcomes of students of class X subjects of Basic Technical Drawings in SMK as the City of Medan. 2) To know the relationship between the independence of learning toward the learning outcomes of X class students subjects of Basic Technical Drawing in SMK in Medan City. 3) To know the relationship between the environment and independence of learning together towards the learning outcomes of students of class X subjects of Basic Technical Drawing in SMK in Medan City. Prior to this research, the first research instrument will be tested, followed by validity, reliability, difficulty index, and distinguishing factor. Based on the hypothesis testing can be concluded 1) There is a positive and meaningful relationship between the environment Learning with Learning Results Drawing Basic Technique Class X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. This is evidenced by the results of correlation calculations that give results rxly> rtabel = 0.2448> 0.227 with tcount price> ttable = 2.2841> 1.992. 2) To the positive and meaningful relationship between the independence of learning with learning outcomes Basic Technical Drawing students class X SMK Negeri Medan City. This is evidenced from the calculation of the correlation that gives results nilay rx1y> rtabel = 0,2543> 0,227 with price t count> ttable = 2,3708> 1,992. 3) There is a positive and meaningful relationship between the Environment and Independence Learning with Learning Outcomes Basic Technical Drawing of students of class X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. R = 6,24> Rtabel = 0,227, so Rhitung> Rtabel is (6,24> 0,227), and determination of R2 equal to 39,03 which means Environment (X1) and Learning Independence (X2) with calculated value fcount = 41, 30> ftable = 3.13. Thus the Environment and Learning Independence has a positive and meaningful relationship with the Basic Technical Learning Element Keywords: Drawing Basic, Environment,  Learning Independence,  Learning Results Technical

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S (1997). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.

Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Cole, Peter George. 1994. Teaching Principles and Practice. Sydney: Prestice Hall

Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. (1994). Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Matondang , Z. (2013). Statistika Pendidikan. Medan : Unimed Press

Nurul, (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Jurnal Pendidikan Ekonomi.1:10

Slameto.(2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Slameto. (2003), Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:

PT.Rineka Cipa

Soedomo Hadi. (2003). Pengantar Pendidikan. Surakarta: UNS Pers

Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Sudjana, Nana. 2005. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti.Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaj Rosdakarya

Syah, M. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo.

Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tirtarahardja, U. dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Utomo, Jacob. 1990. Membangun Harga Diri. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v4i2%20DES.12559

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.