HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X SMK NEGRI SE – KOTA MADYA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. 2) Untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. 3) Untuk mengetahui hubungan antara lingkungan dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, Reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan 1) Terdapata hubungan yang positif dan berarti antara lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar Kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rxly>rtabel = 0,2448 > 0,227 dengan harga thitung > ttabel = 2,2841 > 1,992. 2) Terhadap hubungan positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Gambar Teknik Dasar siswa kelas X SMK Negeri se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilay rx1y> rtabel = 0,2543 > 0,227 dengan harga thitung > ttabel = 2,3708 > 1,992. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar siswa kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. R = 6,24 > Rtabel = 0,227, sehingga Rhitung> Rtabel yaitu (6,24 > 0,227), dan diperoleh determinasi R2 sebesar 39,03 yang berarti Lingkungan (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) dengan harga hitung fhitung = 41,30 > ftabel = 3,13.
Dengan demikian Lingkungan dan Kemandirian Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar.
Kata Kunci: Gambar Teknik Dasar, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Lingkungan
1
ABSTRACTThis study aims to determine: 1) To determine the relationship between the learning environment on the learning outcomes of students of class X subjects of Basic Technical Drawings in SMK as the City of Medan. 2) To know the relationship between the independence of learning toward the learning outcomes of X class students subjects of Basic Technical Drawing in SMK in Medan City. 3) To know the relationship between the environment and independence of learning together towards the learning outcomes of students of class X subjects of Basic Technical Drawing in SMK in Medan City. Prior to this research, the first research instrument will be tested, followed by validity, reliability, difficulty index, and distinguishing factor. Based on the hypothesis testing can be concluded 1) There is a positive and meaningful relationship between the environment Learning with Learning Results Drawing Basic Technique Class X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. This is evidenced by the results of correlation calculations that give results rxly> rtabel = 0.2448> 0.227 with tcount price> ttable = 2.2841> 1.992. 2) To the positive and meaningful relationship between the independence of learning with learning outcomes Basic Technical Drawing students class X SMK Negeri Medan City. This is evidenced from the calculation of the correlation that gives results nilay rx1y> rtabel = 0,2543> 0,227 with price t count> ttable = 2,3708> 1,992. 3) There is a positive and meaningful relationship between the Environment and Independence Learning with Learning Outcomes Basic Technical Drawing of students of class X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. R = 6,24> Rtabel = 0,227, so Rhitung> Rtabel is (6,24> 0,227), and determination of R2 equal to 39,03 which means Environment (X1) and Learning Independence (X2) with calculated value fcount = 41, 30> ftable = 3.13. Thus the Environment and Learning Independence has a positive and meaningful relationship with the Basic Technical Learning Element Keywords: Drawing Basic, Environment, Learning Independence, Learning Results Technical
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S (1997). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.
Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Cole, Peter George. 1994. Teaching Principles and Practice. Sydney: Prestice Hall
Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zain. (1994). Strategi BelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Matondang , Z. (2013). Statistika Pendidikan. Medan : Unimed Press
Nurul, (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar Dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Jurnal Pendidikan Ekonomi.1:10
Slameto.(2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Slameto. (2003), Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:
PT.Rineka Cipa
Soedomo Hadi. (2003). Pengantar Pendidikan. Surakarta: UNS Pers
Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sudjana, Nana. 2005. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti.Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaj Rosdakarya
Syah, M. (2005). Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo.
Syah, M. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tirtarahardja, U. dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Utomo, Jacob. 1990. Membangun Harga Diri. Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v4i2%20DES.12559
Article Metrics
Abstract view : 208 timesPDF - 232 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.