VALIDITAS PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH MANAJEMEN PROYEK DI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FT-UNP

Iqra Natun Nafsiah, Fahmi Rizal, Giataman .

Abstract


Waktu proses pembelajaran manajemen proyek tidak seimbang dengan capaian pembelajaran sehingga diperlukan  modul pembelajaran project based learning  yang dapat membantu mahasiswa belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran project based learning yang valid. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan 4-D (empat-D) ini, yaitu: define (define phase), design (fase desain), develop (fase pengembangan), dessiminate (fase dessiminate). Data diolah menggunakan rumus Aiken V. Instrumen pengumpul data berbentuk angket yang telah divalidasi.Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Validitas modul pembelajaran project based learning  dinyatakan valid pada aspek content (isi) dengan nilai total 0,79, Validitas modul pembelajaran project based learning  aspek format diperoleh nilai total 0,86 dan Validitas modul pembelajaran project based learning  aspek penyajian didapat nilai 0,88. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran project based learning  valid digunakan sebagai sumber pembelajaran.

 Kata Kunci: Manajemen Proyek, Sumber belajar, Validitas

 

 ABSTRACT

The time of the project management learning process is not balanced with the achievement of learning so it requires a project based learning learning module that can help students learn independently. The purpose of this study is to produce a valid project based learning learning module. The method used is Research and Development (R & D) with this 4-D (four-D) development model, namely: define (define phase), design (design phase), develop (development phase), dessiminate (dessiminate phase ) The data is processed using the Aiken V formula. The instruments of data collection are questionnaires that have been validated. The results obtained from this development research are as follows: (1) The validity of the project based learning learning module is declared valid in the content aspect with a total value of 0, 79, The validity of the project based learning aspects of the for-mat learning module obtained a total value of 0.86 and the validity of the project based learning learning module was 0.88. So it can be concluded that a valid project based learning learning module is used as a source of learning.

Keywords: Project Management, Learning Resources, Validity


Full Text:

PDF

References


Amamou, S., & Cheniti-Belcadhi, L. (2018). Tutoring in Project-Based Learning. Procedia Computer Science, 126, 176–185. https://doi.org/10.1016/j.procS.2018.07.221

Ansyar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Azwar, S. (2014). Realibilitas dan Validitas. Yogyaka: Pustaka Pelajar.

DianaSari, T. & I. S. (2015). Pengembang Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Untuk Mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas XII TIPTL SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Eletro, 04(5), 621–627.

Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2018). Peran Model Project Based Learning dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Kelas XI IPA melalui Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 291–295. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10625/5202

Ilyas, Asmawati Ilyas, Wijaya Muhammad & Danial, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Life Skill Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 18 Bone (Studi Pada Materi Pokok Koloid. 2Chemisty Education Review (CER), 2(2), 16–39.

Nisrokha. (2015). Teknik mengembangkan modul mata kuliah sejarah pendidikan islam. Jurnal Madaniyah, 2, 296–308.

Prastyaningrum, I., & Imansari, N. (2016). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah teori medan. 1, 56–61.

Rais, M. (2010). PROJECT-BASED LEARNING : Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills Disajikan Sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas eknik Universitas Negeri Surabaya PROJECT-BASED LEARNING : Pembelajaran, Inovasi.

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV, 161–164.

Sularmi, Utomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3(4), 475–479.

Sumiati, A., Widyastuti, U., & Sariwulan, T. (2017). Workshop Pengembangan Bahan Ajar Modul Berdasarkan Pendekatan Scientific Pada Kurikulum 2013 Sebagai Sumber Pembelajaran Guru Smk Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 86. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.07

Timutiasari, B., Al-muhdhar, M. H. I., Biologi, P., & Malang, P. N. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Modul Program Krpl Untuk Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sd Islam Moh . Hatta Malan(November

Yesiati, N. K., Santyadiputra, G. S., Gede, D., & Divayana, H. (2017). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Project Based Learning Pada Mata Plajaran Menggabungkan Audio Kelas Xi Multimedia(Studi kasus : SMK Negeri 1 Sawan ). 6(1).




DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v5i1JUNI.14199

Article Metrics

Abstract view : 471 times
PDF - 1696 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.