PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI DAYA DUKUNG PONDASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi Daya Dukung Pondasi menggunakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dan handout dalam penerapan proses pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia video yang menggunakan prosedur penelitian 4D yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu, tahap pendefinisian, tahap perancangan dan tahap pengembangan. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, evaluasi uji praktis dosen pengampu dan mahasiswa, evaluasi uji keefectifan mahasiswa kepada 30 mahasiswa D3 Teknik Sipil Sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) tahap pendefinisian, menganaliasa materi daya dukung pondasi pada mata kuliah Teknik Pondasi, mengidentifikasi potensi/masalah, dan pengumpulan data (2) tahap perancangan, kegiatan studi yang dilakukan sebelum menentukan konsep desain produk awal media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 (3) tahap pengembangan, evaluasi dan dinilai oleh beberapa tim ahli, tahapan ini bertujuan untuk meneliti validasi media pembelajaran, materi program pembelajaran dan kualitas pembelajaran, tahapan yang dtempuh yaitu: validasi ahli media, validasi ahli materi, uji praktis, dan uji efectifitas. Berdasarkan validasi dari para ahli, dosen pengampu dan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia diketahui berdasarkan validasi penilaian ahli materi, ahli media dengan skala sangat baik sehingga dinyatakan valid dan layak untuk digunakan, dan untuk uji praktis yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pengampu berskala baik dan dinyatakan praktis untuk digunakan serta penilaian kemampuan mahasiswa memahami suatu konsep materi dinyatakan efectif dalam pembelajaran mata kuliah Teknik Pondasi pada materi daya dukung pondasi.
Kata Kunci: Daya Dukung, Handout, Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Pondasi
Full Text:
PDFReferences
Anderson. (1976). Jenis-jenis Media InformasidanManfaatnya.Tersediadi http://iphect.blogspot.com/2012/05/jenis-jenis-media-informasi-dan.html. Diaksespadatanggal 16 Mai 2018
Arief S. Sadiman, dkk.( 2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Batubara, Hamidun,Ir.MT. (2017) Pengembangan Potensi Abu Gunung Merapi Di Indonesia Sebagai Alternatif Bahan Stabilisator Pada Tanah Lempung Lunak Yang Efektif Dan Murah. Medan: Penelitian KDDBK.
Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Eko Putro Widoyoko,S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mayer, Richard E. (2012). Cognitive Theory of Multimedia Learning. California: University of California.
Prastowo. Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikasi. Diva Press. Yogyakarta.
Smaldino, Sharon E., Lowther , Deborah L., Russel, James D.. (2008). Instructional Technology and Media for Learning (Ninth Edition). NJ: Pearson Education Inc..
Sudjana, Nana & Ahmad Rivai.( 2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sumaji, dkk. (2009). Pendidikan Sains yang Humanis. Jogjakarta: Kanisius IKAPI.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v4i2%20DES.15452
Article Metrics
Abstract view : 201 timesPDF - 959 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.