ANALISA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MEKANIKA BAHAN DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah Mekanika Bahan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Analisa kebutuhan dilakukan berdasarkan tahapan pertama dari model Lee and Owens yaitu penilaian/analisis. Hasil dari penelitian ini adalah analisa kebutuhan yang tujuan utamanya untuk mengidentifikasi kesenjangan antara kondisi aktual dan kondisi yang seharusnya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jenis data kualitatif. Kuesioner tersebut disebar menggunakan google form sehingga responden dapat mengisi kuesioner tersebut secara online. Periode pengisian kuesioner adalah tanggal 16 – 17 Mei 2019. Berdasarkan hasil analisa kebutuhan yang telah dilakukan, terdapat beberapa masalah pada media pembelajaran yang digunakan: (1) media pembelajaran yang digunakan biasa saja sehingga kurang memotivasi belajar, (2) materi pembelajaran termasuk materi yang sulit, namun pemahaman terhadap materi biasa aja, dan (3) materi pembelajaran yang digunakan masih berupa media presentasi.
Kata Kunci: Analisa Kebutuhan, Media Pembelajaran, Mekanika Bahan
ABSTRACT
This study aims to analyze the needs of students towards the development of learning media in Mechanics of Material Course in Education of Building Engineering, State University of Jakarta. The needs assessment is carried out based on the first stage of the Lee and Owens model, which is assessment/analysis. The result of this study is a needs assessment whose main purpose is to identify gaps between the actual conditions and the conditions that should be. Data collection in this study used a questionnaire with the qualitative data types. The questionnaire was distributed using google form so that the respondents can fill out the questionnaire online. The period for filling out the questionnaire is May 16th – 17th, 2019. Based on the results of the needs assessment that has been done, there are several problems in the learning media that are used: (1) learning media that are used is mediocre that it is less motivating to learning, (2) learning material including difficult material, but an understanding of the material is medium, and (3) learning material used is still in the form of presentation media.
Full Text:
PDFReferences
Arista, F. S., & Kuswanto, H. (2017). Virtual Physics Laboratory Application Based on the Android Smartphone to Improve Learning Independence and Conceptual Understanding. International Journal of Instruction, 11(1), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1111a
Bakri, H. (2010). Langkah-langkah pengembangan pembelajaran multimedia interaktif. Jurnal Medtek, 2(1), 1–8.
Gayatri, G., Rusadi, U., Meiningsih, S., Mahmudah, D., Sari, D., & Nugroho, A. C. (2015). Perlindungan Pengguna Media Digital Di Kalangan Anak Dan Remaja Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 6(1), 1–18.
Gere, J. M., & Timoshenko, S. P. (2013). Mechanics of Materials. In Mechanics of Materials. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-3124-5
Hastuti, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2018). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Virtual Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 129. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.303
Kusuma Negara, R. I. T., Iriani, T., & Lenggogeni. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Manajemen Konstruksi di S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 8(2), 97–104.
Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design (2nd ed.). San Francisco: Pfeiffer.
Mcmahon, M., & Pospisil, R. (2005). Laptops for a digital lifestyle: Millennial students and wireless mobile technologies. ASCILITE 2005 - The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education, (2001), 421–431.
Nugraheni, F. (2012). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK). Jurnal Sosial Budaya, 5(1), 1–12.
Prawiro, S. A., & Irawan, A. H. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(1). Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/15803/perancangan-media-pembelajaran-interaktif-ilmu-pengetahuan-alam-untuk-siswa-kela
Rachman, K. A. (2016). Development of Multimedia Learning Economic Models to Improve Student Learning Outcome. IOSR Journal of Research and Method in Education, 6(6), 47–54. https://doi.org/10.9790/7388-0606074754
Seel, N. M., Lehmann, T., Blumschein, P., & Podolsky, O. A. (2017). Instructional Design for Learning: Theoretical Foundations. Rottendam: Sense Publishers.
Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 2–3. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v8-i9/4593
Sim, K., & Butson, R. (2013). Do Undergraduates Use their Personal Computers to Support Learning? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 330–339. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.341
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hal.
Songhori, M. (2008). Introduction to Needs Analysis. English for Specific Purposes World, 4(4), 1–25.
Syahron, M., Balada, M., Gofur, A., & Lestari, S. R. (2017). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Handout Berdasarkan Model Pengembangan ADDIE untuk Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia pada Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Jember. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 2, 508–511.
Tampubolon, M. A. W., Arthur, R., & Daryati, D. (2017). Pengembangan E-Module Konstruksi Bangunan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Spesifikasi dan Karteristik Kayu. Jurnal PenSil, 6(2), 8. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i2.7241
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21 Century Skills: Learning For Life in Our Times. Danvers: Jossey-Bass.
Yoon, S. Y., Lee, J., & Lee, C. H. (2013). Interacting with Screenagers in Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 534–541. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.370
Yuliany, N. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa SDN Emmy Saelan Makassar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2),
DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v5i2%20DES.16084
Article Metrics
Abstract view : 1294 timesPDF - 891 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.