EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI MATRIKS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN STUDI

Enny Keristiana Sinaga, Zulkifli Matondang, Suhairiani Suhairiani, Siti Zulfa Yuzni

Abstract


Kebutuhan akan bahan ajar yang mampu memfasilitasi dan membimbing mahasiswa untuk belajar mandiri, memudahkan mahasiswa untuk menemukan dan memahami konsep dengan benar sebagai latar belakang penelitian ini. Buku-buku teks belum dapat membantu mahasiswa memahami dan mengingat konsep-konsep matematika dengan baik. Oleh karena itu, Lembar Kerja Mahasiswa berbasis penemuan terbimbing (guided discovery learning) pada materi matriks dikembangkan. Setelah LKM dikembangkan maka dilihat efektifitas penggunaan LKM tersebut pada proses perkuliahan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan universitas negeri medan yang mengampu matakuliah matematika teknik dasar. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa persentase posttest lebih besar dari persentase pretest ( 66,67 > 30, 95% ) dan berada pada kriteria Baik. Ini berarti bahwa bahan ajar (LKM) berbasis penemuan terbimbing (guided discovery learning dinyatakan efektif untuk digunakan.
Kata Kunci: Efektifitas, Lembar Kerja Mahasiswa, Penemuan Terbimbing
ABSTRACT The need for teaching materials that are able to facilitate and guide students for independent learning makes it easier for students to find and understand concepts correctly as the background of this research. Text books have not been able to help students understand and remember mathematical concepts well. Therefore, a concept of “Student Work Sheet” (SWS) based on guided discovery learning on matrix material was developed. After the SWS has been developed, it has shown the effectiveness of the use of the SWS in the learning process. The subjects of this study were students of Building Engineering Education Study Program at the State University of Medan that were able to study basic engineering mathematics courses. Based on the analysis it was found that the percentage of post-test was greater than the percentage of pretest (66.67% > 30.95%) and was filed in the Good criteria. This means that SWS based on guided discovery learning is declared effective for use.
Keywords: Effectiveness, Guided Discovery Learning, Student Worksheet

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko, W. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hendro, D., & R.E, K. (1992). Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovati. Yogyakarta: DIVA Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: A-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v5i2%20DES.17585

Article Metrics

Abstract view : 235 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.