EFECTIVITAS PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBEAJARAN PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK

Sartika Dewi Usman, Rawiyah Husnan .

Abstract


Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dan diharapkan dapat membantu mempermudah pembelajaran secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media video pembelajaran pada mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 3 Kota Gorontalo. Cakupan kajian meliputi bagaimana pembuatan video pembelajaran yang inovatif dan kreatif. dan efektivitas penerapannya pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian true eksperimental design menggunakan kelompok eksperimen adalah kelas X DPIB 1 dan kelompok control adalah X DPIB 2 yang total jumlahnya adalah 57 siswa. Berdasakan hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa media video pembelajaran yang kreatif dan inovatif pada mata pelajaran Mekanika Teknik sangat membantu efektivitas proses pembelajaran pada mata pelajaran ini.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran, Video

 

ABSTRACT

Learning media plays a crucial role in meeting the expectation to facilitate learning effectively and efficiently. The research objective was to find out the effectiveness of the use of learning video media in Engineering Mechanics subject at SMK Negeri 3 Kota Gorontalo. The scope of the study encompassed a method to make an innovative and creative learning video along with the effectiveness of its use in Engineering Mechanics subject. The research type was a true experimental design applying experimental group, namely class X DPIB 1, and control group, namely class X DPIB 2, with a total of 57 students. A conclusion was drawn based on the result of the analysis that the creative and innovative learning video media in Engineering Mechanics did assist the effectiveness of the learning process in the subject.

 Keywords: Effectiveness, Learning,Video

Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. (2009). Media pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers.

Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.Yogyakarta. Gavamedia Depdiknas (2008). Tujuan SMK. [Online]. Tersedia di http://repository.upi.edu/operator/uplo ad/s_e0151_043917_chapter1.pdf, diakses pada Maret 2020

Gintings, Abdorrakman. 2014. Esensi Praktek Belajar & Pembelajaran. Bandung : Humaniora

Hamalik, A. (2011). Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. _________ (1994) Media Pendidikan, cetakan ke-7. Bandung: Penerbit PT. Citra Aditya Bakti

Khemala Yuliani H, Hendri Winata (2016). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa. [Online]. Tersedia di ejouenal.upi.edu diakses pada Maret 2020

Munadi, Yudhi.(2012). Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Setyono.(2006).Matemagics.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sukaswanto. (2013).“Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statika dan Kekuatan Material”, http://journal.uny.ac.id/index.php/jpt k/article/view/9458/7612, diakses tanggal 2 November 2016

Wawan Sabtono. (2015). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Praktik Permesinan di SMK Muhammadiyah Prambanan. [Online]. Tersedia di journal.student.uny.ac.id diakses pada Maret 2020




DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v6i2%20DES.22013

Article Metrics

Abstract view : 595 times
PDF - 470 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.