PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR – DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN TEKNIK PENGUKURAN TANAH PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 5 MEDAN

Parlaungan Hutagaol, Nadya Putri Andhika Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah dengan menggunakan dua model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw serta melihat karakteristik siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam proses pembelajaran. penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB 1 yang berjumlah 32 siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD dan siswa kelas X DPIB 2 yang berjumlah 32 siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw. Sebelum penelitian ini dilakukan, intrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan. Hasil uji coba instrumen angket Motivasi Belajar diperoleh 25 butir angket yang valid dari 30 butir angket yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,886 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil uji coba instrumen tes hasil belajar dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah diperoleh 24 butir soal yang valid dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,884 yang artinya tergolong sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran  kooperatif memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 6,081 > Ftabel = 4,001 pada taraf signifikan α = 0,05. Tingkat motivasi belajar siswa pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 5,467 > Ftabel = 4,001. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung = 0,227 < Ftabel = 4,001.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif, Motivasi Belajar

 

ABSTRACT

This study aims to improve learning outcomes of the Basics of Building Construction and Land Measurement Techniques by using two cooperative learning models, namely the STAD-type cooperative learning model and the Jigsaw-type cooperative learning model and seeing the characteristics of students who have high learning motivation and low learning motivation. in the learning process. This research was conducted at SMK Negeri 5 Medan. The subjects of this study were 32 students of class X DPIB 1, who were taught using the STAD learning model and 32 students of class X DPIB 2 who were taught using the Jigsaw learning model. Before this research was conducted, the research instruments were tested first. The results of the learning motivation questionnaire instrument trial obtained 25 valid questionnaire items from 30 questionnaire items  tested with a reliability of 0.886 which means that it is classified as very high. The results of the test instrument test results of learning the basics of building construction and land measurement  techniques obtained 24 valid items from 30 items tested with a reliability of 0.884 which means that it is classified as very high. The results showed that the cooperative learning model had a significant different effect on student learning outcomes with Fcount = 6.081> Ftable = 4.001 at the significant level α = 0.05. The level of student learning motivation has a significantly different effect on student learning outcomes with Fcount = 5.467> Ftable = 4.001. There is no interaction between the cooperative learning model and the level of learning motivation on student learning outcomes with Fcount = 0.227

 Keywords: Kooperative, Learning Outcome, Learning Motivation

Full Text:

PDF

References


A, Jihad dan Abdul Haris. (2012). EvaluasiPembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

B. Uno, Hamzah. (2009) teori motivasi dan pengukurannya analisis di bidang pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fauzie, Hasanul. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Autocad Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai. Medan.

Huda, Miftahul. (2014). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imas kurniasih, Berlin Sani, (2015), Ragam Pengembangan Model Pembelajaran, Kata Pena, hal. 22- 23.

Khalistyawati, Martha. Muhyadi. Pengaruh Model STAD Dan Jigsaw Terhadap Karakter Kerja Sama, Kemampuan Berpikir, Dan Belajar Kognitif. No 2 Tahun 2018. https://journal.uny.ac.id/index.php

/jpka/article/download/21852/114 84.

Lie, Anita. (2002).Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Mardi, Marius. (2016). Pengaruh Pemberian Tugas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Statistika Dan Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Gambar Bangunan Dan Batu Beton SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi. Medan.

Marfuatun dkk. Pengembangan Metode Pembelajaran Kooperatif Secara Online Pada Kuliah Kimia Fisika II. No 2 Tahun 2013. https://journal.uny.ac.id/index.ph p/jpms/article/download/2479/20 66

Mastari. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di MIS Nurul Hadina Patumbak. Medan.

Mulyati. (2013). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditinjau Dari Motivasi Siswa. Surakarta.

Nashar. Drs. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia press.

Qudsyi dkk, Hazhira. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif (cooperative Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Vol 6 No 2 Tahun 2011. http://jurnal.unissula.ac.id/index.p hp/proyeksi/article/view/245.

Sardiman, A.M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.

Suharsimi Arikunto. (2010), Perpustakaan Nasional RI, Jakarta: Rineka Cipta, hal. 9.

Sumiati, dan Asra. (2013). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, Ita. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di MTS Muhammadiyah 2 Palembang. Palembang

Thomas, Partono. Setiaji, khasan Elearning dengan pendekatan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa vol IX No 1 Tahun 2014.

Trianto. (2019). Sintaks STAD: mendesain model pembelajaran inovatif-progresif,. Jakarta: Prenada Media. Jakarta.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan nasional




DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v7i1%20JUN.26974

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
 
 
slot gacor slot