PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MENGINDENTIFIKASI ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X TEKNIK KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 2 MEDAN

Authors

  • Dely Kurnia Putri Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik UNIMED
  • Putri Lyanna A.Luthan Dosen Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik UNIMED

DOI:

https://doi.org/10.24114/eb.v1i2.2813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan dan hasil belajar siswa model Pembelajaran Generatif yang memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Mengidentifikasi ilmu bangunan gedung pada siswa kelas X semester genap program keahlian konstruksi bangunan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 dibandingkan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi ini adalah semua siswa X Program Keahlihan Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Medan tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 70 orang.  Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Konstruksi Bangunan SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari dua kelas, kelas X TKB-A berjumlah 35 orang dan kelas X TKB-B berjumlah 35 orang siswa. Sehingga jumlah keseluruhan siswa terdiri dari 70 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah post tes dan pre tes dalam bentuk soal pilihan berganda. Metode dan rancangan penelitian eksperimen menggunakan desain ANAVA 1 x 1. Variabel penelitian memenuhi persyaratan normalitas dikaji dengan uji Liliefors dan memenuhi persyaratan homogenitas dengan uji F. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Generatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Konvensional, yaitu diperoleh nilai thitung = 3,379  dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel, dengan taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Generative memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar Mengidentifikasi Ilmu Bangunan Gedung Gedung pada siswa kelas X Program Keahlian Konstruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.   Kata Kunci : Model Pembelajaran Generatif, Hasil Belajar, Ilmu Bangunan Gedung

Published

2024-11-21