PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MENYUSUN RENCANA ANGGARAN BIAYA (MRAB) SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE
| Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MENYUSUN RENCANA ANGGARAN BIAYA (MRAB) SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE
Authors
Sam Welson Sitinjak
Alumni Program Studi Teknik Bangunan, Fakultas Teknik UNIMED
Jintar Tampubolon
Dosen Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik UNIMED
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa kelas XI program keahlian Teknik Konstuksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Balige melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 32 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang terdiri dari 20 soal pada siklus I, hanya 15 soal yang dapat digunakan dengan keterangan 15 soal yang valid, indeks kesukaran soal diperoleh 5 butir soal dalam kategori baik, 9 kategori sedang dan 6 kategori mudah, daya beda soal diperoleh 9 soal cukup, 11 soal jelek dan uji reliabilitas 0,81 (sangat tinggi). Sedangkan untuk 20 soal di siklus II, hanya 15 soal yang dapat digunakan dengan keterangan 15 soal valid, indeks kesukaran diperoleh 7 butir soal dalam kategori baik, 10 kategori sedang dan 3 kategori mudah, daya beda soal diperoleh 4 soal baik, 11 soal cukup, 5 soal jelek, uji reliabilitas 0,77 (tinggi) Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing masing terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses pada setiap pembelajaran dan berdasarkan observasi keaktifan atau aktifitas siswa dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktifitas belajar siswa yaitu 65,82 meningkat sebesar 6,33% menjadi 72,25 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 70,64 dan meningkat sebesar 11,36% menjadi 82 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menyusun Rencana Anggaran Biaya. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, NHT, Hasil Belajar, MRAB