PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MENYUSUN RENCANA ANGGARAN BIAYA (MRAB) SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 1 BALIGE

Sam Welson Sitinjak, Jintar Tampubolon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktifitas dan hasil belajar menyusun rencana anggaran biaya siswa kelas XI program keahlian Teknik Konstuksi Batu dan Beton SMK Negeri 1 Balige  melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 32 orang. Dari hasil uji coba instrumen yang terdiri dari 20 soal pada siklus I, hanya 15 soal yang dapat digunakan dengan keterangan 15 soal yang valid, indeks kesukaran  soal diperoleh 5 butir soal dalam kategori baik, 9 kategori sedang dan 6 kategori mudah, daya beda soal diperoleh 9 soal cukup, 11 soal jelek dan uji reliabilitas 0,81 (sangat tinggi). Sedangkan untuk 20 soal di siklus II, hanya 15 soal yang dapat digunakan dengan keterangan 15 soal valid, indeks kesukaran diperoleh 7 butir soal dalam kategori baik, 10 kategori sedang dan 3 kategori mudah, daya beda soal diperoleh 4 soal baik, 11 soal cukup, 5 soal jelek, uji reliabilitas 0,77 (tinggi)

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing masing terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar.

Berdasarkan hasil evaluasi proses pada setiap pembelajaran dan berdasarkan observasi keaktifan atau aktifitas siswa dalam penelitian ini, ditemukan siklus I nilai rata-rata aktifitas belajar siswa yaitu 65,82 meningkat sebesar 6,33% menjadi 72,25 pada siklus II. Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 70,64 dan meningkat sebesar 11,36% menjadi 82 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa,  serta meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menyusun Rencana Anggaran Biaya.

Kata Kunci :  Model Pembelajaran Kooperatif, NHT, Hasil Belajar, MRAB

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/eb.v1i2.2817

Article Metrics

Abstract view : 201 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.