PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TIPE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BALIGE
| Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF TIPE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BALIGE
Authors
Omri Guinnes Simajuntak
Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik UNIMED
Rachmat Mulyana
Dosen Pengajar Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik UNIMED
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Balige melalui model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan Subjek penelitian siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Dari data observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. yaitu pada siklus I yang mendapat nilai dalam kategori sangat aktif 8 siswa (26,67%), kategori aktif 10 siswa (33,33%), kategori cukup aktif 12 siswa (40%) dan kategori tidak aktif tidak ada(0%). Sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai kategori sangat aktif 17 siswa (56,67%), kategori aktif 11 siswa (36,66%), kategori cukup aktif 2 siswa (6,67%) dan tidak aktif tidak ada, dan data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hai ini dapat dilihat pada siklus I yang mendapat nilai dalam kategori sangat kompeten tidak ada (0%), kategori kompeten 5 siswa (16,67%), kategori cukup kompeten 25 siswa (83,33%) dan kategori tidak kompeten tidak ada. Sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai dalam kategori sangat kompeten 16 siswa (53,33%), kategori kompeten 12 siswa (40%), kategori cukup kompeten 2 siswa (6,67%). Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri dapat: Meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Balige. Kata Kunci :Model Pembelajaran Inovatif, Inkuiri, Aktivitas, Hasil Belajar