HUBUNGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR LANJUT DENGAN PERANGKAT LUNAK (AutoCAD) PADA SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Benardo Sinambela, Putri Lynna A Luthan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan pemanfaatan laboratorium komputer dan motivasi belajar  dengan hasil belajar menggambar lanjut dengan perangkat lunak (AutoCAD) baik secara masing-masing maupun bersamaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan sampel sebanyak 32 orang responden, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar berupa angket sedangkan hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) diketahui dari nilai raport. Uji coba instrument, diperoleh 20 butir soal yang valid untuk Pemanfaatan Laboratorium Komputer dengan reliabilitas 0,933; 20 butir soal yang valid untuk Motivasi Belajar dengan reliabilitas 0,899. Tingkat kecenderungan Pemanfaatan Laboratorium Komputer siswa kelas XI TGB-A SMK Negeri 1 Lubuk Pakam berada dalam kategori tinggi 96,88% sementara Motivasi Belajar siswa siswa kelas XI TGB-A SMK Negeri 1 Lubuk Pakam berada pada kategori tinggi 96,88% dan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) berada dalam kategori cukup 96,875%. Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa 1) Pemanfaatan Laboratorium Komputer dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan rx1y = 0,423 > rtabel = 0,349 dan besar thitung = 2,557 > ttabel = 1,695; 2) Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan rx2y = 0,494 > rtabel = 0,349 dan besar thitung = 3,109 > ttabel = 1,695; 3) Pemanfaatan Laboratorium Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak (AutoCAD) (Ha diterima) dengan R = 0,598 > rtabel0,349 dan besar Fhitung = 8,072 > Ftabel = 3,33.

Kata kunci:Laboratorium Komputer, Motivasi, Hasil Belajar




DOI: https://doi.org/10.24114/eb.v1i1.2822

Article Metrics

Abstract view : 201 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil

Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319

E-mail : ptbunimed@gmail.com

 

 
 
 
 
 
 
 
 
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.