KONTRIBUSI PENGUASAAN ALAT PRAKTEK DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PREKTEK KONSTRUKSI KAYU SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi Penguasaan Alat Praktek dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Prektek Konstruksi Kayu Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah responden 30 orang
Data penelitian variabel Penguasaan Alat Praktek (X1) dijaring dengan tes.Minat Belajar (X2) dijaring dengan angket.Dan Hasil Belajar Praktek Konstruksi kayu(Y) dijaring dengan observasi.
Berdasarkan uji coba instrument didapat hasil : (1) variabel Penguasaan Alat Praktek (X1) 26 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,80 pada taraf signifikasi 5 %. (2) variabel Minat Belajar (X2) 24 soal yang valid, reliablitas sangat tinggi sebesar 0,84 pada taraf signifikasi 5 %.
Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Kontribusi yang positif dan berarti antara Penguasaan Alat Praktek terhadap Hasil Belajar Praktek Konstruksi Kayu dengan besar korelasi rx1y= 0,770 > rtabel = 0,361 dan thitung = 6,383 > ttabel = 1,701 dan dari korelasi parsial diperoleh rx1y.x2 = 0,394 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,466 > ttabel = 1,701. 2) Terdapat Kontribusi yang positif dan berarti antara Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Praktek Konstrukai Kayu dengan besar korelasi rx2y = 0,528 > rtabel = 0,361 dan thitung = 5,292 > ttabel = 1,701 dan dari korelasi parsial diperoleh rx2y.x1 = 0,383 > rtabel = 0,361 dan thitung = 2,152 > ttabel = 1,699. 3) Terdapat Kontribusi yang positif dan berarti antara Penguasaan Alat Praktek dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Praktek Konstruksi Kayu dengan besar korelasi ganda diperoleh Rxy(1.2) = 0,879 > rtabel = 0,361 dan uji keberartian korelasi dengan menggunakan Uji-F diperoleh Fhitung = 47,672 > Ftabel = 3,340. Dengan demikian Penguasaan Alat Praktek dan Minat Belajar mempunyai Kontribusi yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Praktek Konstruksi Kayu.
Hasil perhitungan sumbangan relativ dan sumbangan efektif didapat hasil : (1) Sumbangan relatif X1 = 78,522 %, sumbangan efektif X1 = 51,196 %. (2) Sumbangan relatif X2 = 21,477 %, sumbangan efektif = 14,00 %. (3) sumbangan efektif X1 dan X2 terhadap Y = 51,196 % + 14,00 % = 65,196 %. Jadi, Sumbangan atau Kontribusi yang diberikan oleh Penguasaan Alat Praktek dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Praktek Konstruksi Kayu adalah sebesar 65,196 %.
.
Kata Kunci : Hasil Belajar Praktek Konstruksi Kayu, Minat Belajar, Penguasaan Alat Praktek
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/eb.v2i2.4497
Article Metrics
Abstract view : 182 timesPDF - 210 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.