ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN BUNDARAN (STUDI KASUS SIMPANG PENA BANDA ACEH)
Abstract
Persimpangan merupakan daerah dimana bertemunya dua atau lebih ruas jalan yang menyebabkan terjadinya persilangan antar kendaraan yang melintasi jalan tersebut sehingga rentan terjadinya konflik. Konflik tersebut menyebabkan tundaan dan antrian kendaraan sehingga dapat berpengaruh terhadap kinerja suatu simpang. Persimpangan tak bersinyal yang dikendalikan oleh bundaran hanya ada beberapa di Kota Banda Aceh, salah satunya adalah Simpang Pena Banda Aceh. Simpang ini merupakan pertemuan tiga ruas jalan yaitu Jl. Teuku Nyak Arief (Darussalam), Jl. Teuku Nyak Arief (pusat kota), dan Jl. Laksamana Malahayati. Berdasarkan data volume kendaraan yang cukup tinggi pada ketiga ruas jalan tersebut dan peningkatan jumlah kendaraan setiap tahunnya akan memperburuk kinerja simpang terutama pada kondisi jam puncak (peak hour). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut kinerja simpang pada kondisi eksisting, yaitu simpang tak bersinyal dengan bundaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SIDRA (Signalised and Unsignalised Intersection Design and Research Aid) Intersection 8.0 dalam menentukan kinerja simpang berdasarkan 4 parameter yaitu kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan tingkat pelayanan. Dari hasil analisis didapatkan derajat kejenuhan simpang pada jam sibuk sebesar 0,167, tundaan yang terjadi pada simpang sebesar 2,3 detik dan tingkat pelayanan simpang adalah LOS A. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada kondisi eksisting Simpang Pena Banda Aceh saat ini masih memiliki kinerja yang sangat baik dimana kendaraan bebas menentukan kecepatannya, namun harus ada penelitian lebih lanjut untuk memprediksi sampai kapan simpang ini dapat dilalui pengendara dengan nyaman tanpa adanya konflik yang menyebabkan kemacetan pada persimpangan tersebut.
Kata Kunci: Derajat kejenuhan, Tingkat pelayanan, Tundaan, SIDRA Intersection 8.0, Simpang tak bersinyal
ABSTRACT
An intersection is an area where two or more roads meet that create crossing road between vehicles which cross the road, it prone to bring some conflicts. The conflict causes delays and queues of vehicles that affect the performance of an intersection. There are only a few unsignalized intersections controlled by roundabouts in Banda Aceh City, one of it is SimpangPena Banda Aceh. This intersection is a confluence of three roads, namely Jl. Teuku Nyak Arief (Darussalam), Jl. Teuku Nyak Arief (city center), and Jl. Laksamana Malahayati. Based on the data, the volume of vehicles is quite high on each road and the increasing number of vehicles every year will worsen the performance of the intersection, especially during peak hour. This study aims to find more about the performance of the intersection in the existing conditions, namely an unsignalized intersection with a roundabout. This study uses the SIDRA 8.0 Intersection program to determine intersection performance. Based on the result of the study, it found that the degree of saturation at the busy hour intersection was 0.167, the delay occurred at the intersection was 2.3 seconds and the service level was LOS A. Based on these results, it can be concluded that in the existing condition of the Pena Banda Aceh Intersection currently still has good performance because vehicles are free to determine their speed. Further research should be done to predict how long this intersection can be passed by drivers comfortably without any conflicts causing congestion at the intersection.
Keywords: Degree of saturation, Level of service, Delay, , SIDRA Intersection 8.0, Unsignalised Intersection
Full Text:
PDFReferences
Akcelik, R. (1988). The Highway Capacity Manual Delay Formula for Signalized Intersection, Journal Institute of Transportation Engineers. Washington, D. C.
Anonim. (1981). Traffic Signal: Capacity and Timing Analysis, Australia Road Research Board. ARR No. 123.
Anonim. (2000). Highway Capacity Manual, Transportation Research Board, National Research Counsil. Washington, D.C.
Anonim. (2011). SIDRA INTERSECTION User Guide (for Version 5.1). Akcelik and Associates Pty Ltd. Melbourne.
Bukhari, R.A. dan Sofyan M.S. (2002). Rekayasa Lalu Lintas I. Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Darussalam. Banda Aceh.
Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v9i1%20JUN.52743
Article Metrics
Abstract view : 124 timesPDF - 143 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.