PERBEDAAN PEMAHAMAN SOAL HOTS MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH MENGAMPU MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN DAN PLP
Abstract
Rendahnya pemahaman soal HOTS guru disebabkan karena kurangnya pengalaman penggunaan soal HOTS. Pada tataran yang lebih awal, mahasiswa calon guru juga perlu memiliki pemahaman soal HOTS yang mumpuni dan pasti agar ketika menjadi guru nantinya sudah siap dalam menerapkan penilaian dan pembelajaran berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan pemahaman soal HOTS mahasiswa antara sebelum dan sesudah menempuh mata kuliah yang terkait dengan pengalaman penggunaan soal HOTS, yaitu mata kuliah evaluasi pembelajaran yang mempelajari mengenai soal HOTS secara teoritis, dan mata kuliah PLP (Pengalaman Lapangan Persekolahan) yang mempelajari soal HOTS secara praktis. Dimana nantinya dengan adanya penelitian ini akan memungkinkan diadakan tindakan-tindakan pengoptimalan pemahaman soal HOTS mahasiswa dengan lebih terfokus dan terarah. Metode yang diterapkan untuk penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik komparatif dengan metode one way anova dengan pengujian lanjutan metode scheffe. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada perbedaan pemahaman soal HOTS yang signifikan antara sebelum dan sesudah mendapat teori serta praktik penggunaan soal HOTS. Dimana nilai pemahaman soal HOTS rata-rata mahasiswa sebelum menempuh mata kuliah evaluasi pembelajaran sebesar 27,52 dan berada pada kriteria kurang, sedangkan nilai rata-rata mahasiswa sesudah menempuh mata kuliah evaluasi pembelajaran sebesar 32,78 dan berada pada kriteria cukup, serta nilai rata-rata mahasiswa sesudah menempuh mata kuliah PLP sebesar 49,52 dan berada pada kriteria baik.
Full Text:
PDFReferences
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Battelleforkids.org. 2018. P21 Partnership for 21st Century Learning. Columbus: Batlleforkids.org.
Destiniar, D., Mulbasari, A. S., Fuadiah, N. F., Octaria, D., Ningsih, Y. L., Retta, A. M., & Isroqmi, A. 2020. Pelatihan Penyusunan Soal HOTS untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogik Guru. J- ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 163-170. Dari http://dx.doi.org/10.30734/j- abdipamas.v4i1.
Isnandar, & Nurhadi, D. 2019. Promoting Integrated Authentic Learning: An Anticipation of ASEAN Mutual Recognition Agreement on Vocational- Education Graduates’ Skills. Proceedings of the 2nd International Conference on Vocational Education and Training (ICOVET 2018), 242,
-162. DOI: 10.2991/icovet-18.2019.40.
Izzati, N., Antika, R., Susanti, Siregar, N.A.R. 2020. Pembimbingan Guru dalam Mengembangkan Soal Kategori HOTS di MGMP Matematika SMP Kota Tanjungpinang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(3), 370-381. DOI:
https://doi.org/10.31764/jmm.v4i3.2511. Kristiyono, A. 2018. Urgensi dan Penerapan
Higher Order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36-46. Dari https://bpkpenabur.or.id/media/eoahmb rx/hal-36-46-high-order.pdf.
Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang (LP3 UM). 2019. Dokumen Proses Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Bangunan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Maryani, I., & Martaningsih, S.T. 2020. Pendampingan Penyusunan Soal Higher Order Thinking Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 9(1), 156-166. DOI:
http://dx.doi.org/10.29405/solma.v9i1.41 00.
Maulub. 2021. Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Soal HOTS Melalui Teknik Dapat, Catat, Terap (DCT) di SD Negeri 13 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9884-9897. Dari
https://jptam.org/index.php/jptam/artic le/view/2551.
Nurmawati, Driana, E., Ernawati. 2020.
EDUSAINS, 12(2), 233-242. DOI:
http://doi.org/10.15408/es.v12i2.13613 Nusivera, E., Rahmayanti, I., & Dewi, T.U. 2023.
Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Hots Bagi Guru SMP. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 1-10. Dari https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4 i1.27036.
Pertiwi, W. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 793-801 DOI:
https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.29.
Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. 2020. Risalah kebijakan: Implementasi Kurikulum 2013 Menuju Kompetensi Abad 21. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Penelitian Pendidikan Kemendikbud. 2019. Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat
Penelitian Pendidikan.
Pusat Pengembangan Program Pengalaman Lapangan (P2PPL) UM. 2014. Petunjuk Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Keguruan Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rapih, S., & Sutaryadi. 2018. Perspektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS): Pemahaman, Penerapan dan Hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 78-87. DOI: 10.25273/pe.v8i1.2560.
Saputra, H. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: Smile’s Publishing.
Sarmini, S. 2022. Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Soal HOTS melalui Workshop, (online),
(https://radarsemarang.jawapos.com/unt ukmu-guruku/721393067/meningkatkan- kemampuan-guru-menyusun-soal-hots- melalui-workshop), diakses 20 Agustus 2022.
Sinta, U. A., Roebyanto, G., & Nuraini, N. L. S. (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Hots Pada Pembelajaran Matematika di SDN Torongrejo 2. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 45-53. DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v2i12022 p45-53.
Sudijono, A. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suprihatiningsih, S., & Sudibjo, N. A. 2020. Uji ANOVA dengan Software SPSS. Banyumas: CV. Pena Persada.
Ulva, S. 2020. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Soal Ujian Nasional (UN) IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP) di SMP N 1 Batipuh Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Batusangkar: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar.
Wicaksono, A. G. & Jumanto. 2019. Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru Sekolah Dasar. ADIWIDYA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Slamet Riyadi, 3(2), 14-20. Dari
https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/adi widya/article/view/3352/2825.
Zahra, Z.N., 1, Suwangsih, E., Ruskandi, K., Rosmayanti, T., Andrean, B., Tiani. E.D., Nuraenjela, G., Widiyanti, M., Nurhidayat, I., Khumairoh, N.Z., Aviani, N.S., Indah,
N.Z.P., Hidayat, R.S., Islammiyati, S.M., Yuki, Damaika, Y. 2022. Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Guru Sekolah Dasar Dalam Menyusun Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 77-84. Dari
http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCS EE/.
DOI: https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v9i2.61381
Article Metrics
Abstract view : 54 timesPDF - 37 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Educational Building
Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil
Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Indonesia
Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319
E-mail : ptbunimed@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.