PENGARUH INTENSITAS BELAJAR, INTENSITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN SISWA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS IX IPS SMA NEGERI 11 MEDANT.P 2017/2018
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMAN 11 Medan T.P 2017/2018 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar, intensitas komunikasi orangtua dengan siswa dan persepsi siswa tentang profesionalisme terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 11 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 109 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 siswa yang ditetapkan berdasarkan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Untuk uji instrument peneliti menggunakan uji validitas, uji reabilitas. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan tumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan secara linear Y = 13,469 + 0,481X1 + 0,210X2 + 0,214X3. Selanjutnya variable intensitas Belajar (X_1) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig (5,654 > 1,664), intensitas komunikasi orangtua dengan siswa (X_2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig (2,594 > 1,664), dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru (X_3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig (2,326 > 1,664). Secara bersama-sama ketiga variable bebas tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig 0,000 < 0,005.
Kata – kata kunci : Intensitas Belajar, Intensitas Komunikasi, Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Ekonomi.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 325 timesPDF - 318 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.