PENGARUH INTENSITAS BELAJAR, INTENSITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN SISWA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS IX IPS SMA NEGERI 11 MEDANT.P 2017/2018

Indra Maipita, Reny Octavianty Br Ginting

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMAN 11 Medan T.P 2017/2018 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar, intensitas komunikasi orangtua dengan siswa dan persepsi siswa tentang profesionalisme terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 11 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 109 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 85 siswa yang ditetapkan berdasarkan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara dokumentasi, observasi, wawancara dan angket. Untuk uji instrument peneliti menggunakan uji validitas, uji reabilitas. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan tumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan secara linear  Y = 13,469 + 0,481X1 + 0,210X2 + 0,214X3. Selanjutnya variable intensitas Belajar (X_1) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig (5,654 > 1,664), intensitas komunikasi orangtua dengan siswa (X_2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig (2,594 > 1,664), dan persepsi siswa tentang profesionalisme guru (X_3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig (2,326 > 1,664). Secara bersama-sama ketiga variable bebas tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig 0,000 < 0,005.

 

Kata – kata kunci : Intensitas Belajar, Intensitas Komunikasi, Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Ekonomi.



Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF - 279 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter