PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X IIS SMA NEGERI 6 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Muhammad Yusuf, Anju Gempita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar  terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh kompetensi guru  terhadap prestasi belajar siswa, (3) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan kompetensi guru dalam menunjang prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 6 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri6 Pematangsiantar yang berjumlah 93 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian yaitu berjumlah 93 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap hipotesis secara parsial untuk fasilitas belajar dengan taraf signifikan 95 % menunjukkan nilai thitung 3,467 dan nilai ttabel 1,661 maka diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,467 > 1,661) maka Ha diterima sedangkan Ho tidak dapat diterima, dan pengujian hipotesis untuk kompetensi guru dengan taraf signifikan 95% menunjukkan nilai thitung 4,537 dan nilai ttabel 1,661 maka diperoleh thitung lebih besar dari ttabel atau 4,537 > 1,661 maka Ha diterima Ho tidak dapat diterima. Untuk pengujian secara simultan menunjukkan Fhitunglebih besar dariFtabel (32,726 > 3,10) berarti Ho ditolak Ha diterima, dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,421 atau 42,1%%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel fasilitas belajar dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar adalah sebesar 42,1%.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, 2. Ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 6 Pematangsiantar. Saran yang diberikan penulis diantaranya agar pihak sekolah memperbaiki setiap kekurangan dari fasilitas yang dimiliki dan agar guru mata pelajaran Ekonomi lebih meningkatkan kualitas kompetensi yang dimilikinya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : Fasilitas Belajar, Kompetensi Guru, Prestasi Belajar

 



Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter