PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.A 2018/2019
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua yang beragam serta minat belajar yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap prestasi belajar kelas X IIS SMA Swasta An-nizam Medan T.P 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekspos facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS yang berjumlah 50 dan sampel yang diambil sebanyak 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.Dari hasil perhitungan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 3,094 + 0,573 X1+ 0,440 X2 +e Selanjutnya pola asuh orangtua (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu (7,353 > 1,677), dan taraf α < 0,05 (0,00<0,05 Sementara minat belajar (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai (5, 791 > 1,677) dan taraf α 0,00<0,05. Secara bersama - sama pola asuh orangtua dan minat belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai fhitung > f tabel (268, 111 >3,20), dan taraf α < 0,05 (0,00< 0,05). Persentase sumbangan pengaruh pola asuh orangtua dan minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 91,9%. Pola asuh orangtua yang yang baik akan menumbuhkan minat belajar siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajar sehingga menghasilkan siswa yang berkualitas.
Kata-kata kunci : Pola Asuh Orangtua, Minat belajar, dan Prestasi belajar.
Kata-kata kunci : Pola Asuh Orangtua, Minat belajar, dan Prestasi belajar.
Article Metrics
Abstract view : 279 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.