Strategi Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat: Tinjauan Sistematis tentang Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan

Syamsul Arifin

Abstract


Pendidikan ekonomi memainkan peran penting dalam mendorong kemandirian dan memberdayakan masyarakat untuk beradaptasi dengan tantangan ekonomi yang dinamis. Melalui tinjauan literatur sistematis (SLR), artikel ini mengkaji kontribusi pendidikan ekonomi dalam membentuk literasi ekonomi individu dan meningkatkan kemampuan mereka untuk membuat keputusan yang tepat, yang pada gilirannya meningkatkan kemandirian masyarakat. Penelitian ini mensintesis temuan dari berbagai sumber, termasuk artikel jurnal, buku, dan laporan, untuk menilai dampak inisiatif pendidikan ekonomi terhadap pemberdayaan ekonomi individu dan kolektif. Artikel ini menyoroti komponen kunci dari pendidikan ekonomi, seperti literasi keuangan, pendidikan kewirausahaan, dan pemahaman kebijakan ekonomi, yang penting untuk mempromosikan kemandirian ekonomi. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi dapat menjadi alat strategis dalam mengatasi masalah seperti pengentasan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan dengan membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi lebih mandiri. Dengan meninjau literatur yang ada, artikel ini mengidentifikasi kesenjangan dalam penelitian dan mengusulkan studi lebih lanjut untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang pendidikan ekonomi pada kelompok demografis yang berbeda.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter