Analisis Penggunaan Open Broadcaster Software Bagi Guru PAUD dan SD di Medan Selayang

Khairatun Nisa, Novi Cynthia Yusnitas, Kharida Shaleha

Abstract


Kompetensi teknologi informasi seperti pemanfaatan open broadcaster software sangat dibutuhkan oleh Guru untuk menyampaikan materi didalam maupun diluar lingkungan sekolah. Pelatihan dan pengembangan kemampuan bagi Guru dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (PAUD)/Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD). Guru dituntut untuk terus mengeksplorasi kratifitas dan inovasi media pembelajaran sehingga hal tersebut sangat diperlukan saat pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting untuk membantu peserta didik memperoleh konsep baru, keterampilan dan kompetensi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode demonstrasi dan presentasi kepada Guru Paud dan Sekolah Dasar tujuannya adalah para pendidik di Medan Selayang khususnya memiliki kemampuan untuk memproduksi video pembelajaran dengan mudah dan cepat. Penelitian ini bertema Open Broadcaster Software dari pengertian dasar, fitur yang bisa digunakan dan cara menggunakan aplikasi tersebut. Peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menggunakan Open Broadcaster Software, memungkinkan mereka untuk membuat siaran langsung yang lebih menarik dan konten video berkualitas tinggi. Mereka juga memahami konsep-konsep dasar seperti encoding, bitrate, resolusi video, dan format file. Beberapa peserta telah mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dari kegiatan Penelitian ini sebagai sumber pembelajaran, sementara yang lain berhasil membangun relasi dan berbagi pengalaman. Menindaklanjuti hasil kegiatan, narasumber membuat forum untuk memfasilitasi kendala-kendala yang kemungkinan terjadi oleh para peserta saat menggunakan Open Broadcaster Software dan hasil evaluasi kegiatan peserta menghasilkan video pembelajaran berdasarkan bidang ilmu masing-masing.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter