STIMULASI PENGEMBANGAN KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE PEMBELAJARAN PAUD

Putri Sari Ulfa Sembiring, A. Zebar

Abstract


Setiap individu memiliki kecerdasan masing-masing pada dirinya. Skala kecerdasan yang selama ini digunakan ternyata memiliki banyak keterbatasan sehingga kurang dapat meramalkan kinerja yang sukses pada masa depan seseorang. Kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang perlu mendapatkan perhatian dalam memberikan stimulasi sehingga mampu berkembang secara optimal. Setiap individu mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengembangkan berbagai kecerdasan tersebut. Untuk itulah dalam proses pendidikan dan pembelajaran khususnya setiap anak harus mendapat perlakuan yang berbeda-beda sesuai dengan potensi kecerdasan yang ada pada diri masing-masing.Seseorang dengan kecerdasan verbal linguistik yang tinggi dapat memperhatikan suatu penguasaan bahasa yang sesuai. Metode bercerita, metode bernyanyi, metode bermain peran, dan metode bercakap- cakap adalah metode yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam menstimulasi kecerdasan verbal-linguistik anak usia dini.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter