Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Swasta Budisatrya Medan
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi, 2) apakah ada pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) apakah ada pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budisatrya Medan T.A. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budisatrya Medan T.A. 2015/2016. Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan garis linear Y = 3,310 + 0,079X1 + 0,893X2 + 2,239. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaranterhadap hasil belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (3,329) > ttabel (1,665). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajarterhadap hasil belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (32,121) > ttabel ( 1,665). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajarsecara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (591,256) > Ftabel (3,12). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,942 yang artinya sebesar 94,2% hasilbelajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam proses pembelajaran (X1) dan fasilitas belajar (X2).
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 203 timesPDF - 165 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.