Pengaruh Faktor Fundamental dan Faktor Makro Ekonomi Terhadap Beta Saham Perusahaan Di Jakarta Islamic Index Period 2010-2016

Siti Muzdalifah, Ali Rama

Abstract


 

Mengetahui beta saham (risiko) suatu perusahaan merupakan hal yang penting dalam menganalisis sebelum berinvestasi pada suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor fundamental yang di proksikan dengan Earning per Share (EPS), Debt to Asset Ratio (DAR), dan Asset Growth serta faktor makro ekonomi yang di proksikan dengan tingkat inflasi dan kurs terhadap beta saham perusahaan di Jakarta Islamic Index periode 2010-2016. Objek penelitian ini adalah perusahaan yang selalu masuk dalam Jakarta Islamic Index selama periode 2010-2016 serta selalu menerbitkan laporan keuangan perusahaan, yaitu berjumlah 10 perusahaan.Metode yang digunakan adalah regresi data panel.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara secara simultan variabel EPS, DAR, Asset Growth, Inflasi dan Kurs berpengaruh seginifikan terhadap beta saham.Secara parsial variabel DAR, Asset Growth dan Inflasi berpengaruh signifikan terhadap beta saham, sedangkan variabel EPS dan kurs tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel beta saham.Nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) variabel faktor fundamental dan makro ekonomi terhadap beta saham adalah sebesar 40.81%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel faktor fundamental dan faktor makro ekonomi dapat menjelaskan sebesar 40.81% pada beta saham, sedangkan sisanya sebesar 59.19% dijelaskan oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 510 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN: 2302-030X



Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter

 

Web
Analytics

View Jurnal Ekonomi dan Pendikdan StatCounter