MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MENGENAL RAMBU LALU LINTAS BAGI ANAK TUNAGRHITA SEDANG MELALUI MEDODE DRIIL DIKELAS VI SDLB-C YPAC MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan memakai Metode drill dan media yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal lambang lalu lintas. Subjek penelitian adalah 11 orang siswa yang terdiri dari 8 laki-laki 3 perempuan di kelas VI SDLB-C YPAC Medan. Pada waktu observasi hanya 2 orang siswa yang sudah mampu mengenal lambang lalu lintas. Sasaran peneliti kepada 8 orang siswa yang belum mampu mengenal lambang lintas.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat menerapkan metode driil dalam kegiatan pembelajaran bina diri dengan baik (sebanyak 45%) dan pada siklus II guru (peneliti) dapat menerapkan metode driil dalam kegiatan pembelajaran bina diri dengan sangat baik (72%). Pada siklus I aktivitas siswa digolongkan dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dan digolongkan dalam kategori baik. Dengan demikian dengan metode driil dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal lambang lalu lintas dalam pembelajaran bina diri.
Kata Kunci : Bina diri, Tunagrhita , metode driil
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v4i2.3973
Article Metrics
Abstract view : 232 timesPDF - 450 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.