PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI 168432 KOTA TEBING TINGGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar
matematika siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD
Negeri 168432 Kota Tebing Tinggi dengan jumlah siswa 27 orang.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa pemberian tes hasil
belajar pada siklus I dari 27 siswa hanya 57,14% siswa yang tuntas belajar.
Pada siklus II hasil belajar diperoleh 85,71%. Dari hasil yang diperoleh
pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas, siklus pertama dan kedua dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa SD Negeri 168432 Kota
Tebing Tinggi.
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Inkuiri
matematika siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD
Negeri 168432 Kota Tebing Tinggi dengan jumlah siswa 27 orang.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa pemberian tes hasil
belajar pada siklus I dari 27 siswa hanya 57,14% siswa yang tuntas belajar.
Pada siklus II hasil belajar diperoleh 85,71%. Dari hasil yang diperoleh
pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas, siklus pertama dan kedua dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa SD Negeri 168432 Kota
Tebing Tinggi.
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Metode Inkuiri
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8185
Article Metrics
Abstract view : 293 timesPDF - 503 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.