PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2018)

Rahima Tanjung, Jihen Ginting

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2018). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh  perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2018 sebanyak 168 perusahaan. Sampel penelitian sebanyak 60 perusahaan dengan metode purposive sampling, dengan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan tahunan yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis menggunakan uji T dan uji F. asil penelitian secara parsial ditemukan bahwa kepemilikan manajerial dengan nilai |t hitung| -1,162 < 2,00488 |t tabel|sedangkan nilai signifikansi 0,250 > 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh, kepemilikan institusional dengan nilai |t hitung| sebesar0,692 <2,00488 pada |t tabel|sedangkannilai signifikansi 0,492 > 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh, ukuran perusahaan dengan nilai |t hitung| sebesar 3,651 > 2,00488 pada |t tabel|sedangkannilai signifikansi 0,001 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh, leverage dengan nilai |t hitung| sebesar-0,228 < 2,00488 pada |t tabel|sedangkannilai signifikansi 0,821 > 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh, dan profitabilitas dengan nilai |t hitung| sebesar0,890 < 2,00488 pada |t tabel|sedangkannilai signifikansi 0,377 > 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Secara simultan ditemukan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibilitydengan nilai |Fhitung| 5,681 > 2,38 |Ftabel| sedangkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Kata kunci : Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas


Full Text:

XML


DOI: https://doi.org/10.24114/jakpi.v9i1.25707

Article Metrics

Abstract view : 175 times
XML - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.