Model Respon Emergensi Bencana Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Akuntan Pendidik Dalam Pandemi Covid-19 Di Provinsi Sumatera Utara

Azizul Kholis, Dedy Husrizalsyah, Rini Indah Wati

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mendapatkan suatu Model sikap Emergensi dan Respon cepat kesiapsiagaan terhadap terjadinya suatu bencana, khususnya pandemi virus corona (Covid-19) yang terjadi saat ini dan pengaruhnya terhadap kinerja Akuntan Pendidik di Indonesia. Berdasarkan pada Teori kontijensi dengan pengembangan model Respon Emergensi Akuntan pendidik dan Teori Stakeholder untuk melihat faktor eksternal pencapaian kinerja Akuntan pendidik. Populasi penelitian ini adalah Dosen akuntansi di seluruh Provinsi Sumatera Utara, dengan menggunakan teknik sampel kemudahan didapatkan 103 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan secara dalam jaringan (daring) dengan membuat kuesioner berbasis online menggunakan Google form dan disebarkan kepada grup WA Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi dari berbagai Perguruan Tinggi negeri dan Swasta yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi berganda dengan tiga model estimasi dan perhitungan data menggunakan Aplikasi Wrapp Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman terhadap Bencana, Memiliki pengaruh terhadap Respon Emergensi, Sedangkan Pengalaman bencana dan Pengetahuan regulasi Kebencanaan tidak berpengaruh. Temuan lainnya semua variabel berpengaruh positif signifikan terhdap Kinerja Akuntan Pendidik. Hasil penelitian ini ini dapat menjadi suatu Model Emergensi yang adaptif. Keterbatasan penelitian ini adalah pada sampel yang hanya Akuntan Pendidik dan diwilayah Sumatera Utara saja, saran untuk penelitian berikutnya adalah dapat diteliti pada lintas profesi akuntan lainnya, khususnya akuntan manajemen karena berdampak langsung pada dunia usaha dan pada wilayah yang lebih luas. Implikasi Penelitian adalah pentingnya pengaturan regulasi dan SOP bagi IAI KAPD dan organisasi IAI terkait kebencanaan secara internal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jakpi.v9i2.29504

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 2301-7481