Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Akuntansi Keuangan pada KD Akuntansi Kas Kecil Siswa Jurusaan Akuntansi Kelas X1 SMK Swasta HKBP Sidikalang T.P 2022/2023

Elsa Aritonang, Ulfa Nurhayani

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta HKBP Sidikalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi di SMK Swasta HKBP Sidikalang T.P 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta HKBP Sidikalang T.P 2022- 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalh data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh pada siklus I jumlah hasil minat belajar siswa yang mendapat skor belum mencapai 70% dengan rata-rata 62,93% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai ≥ 77 belum mencapai 80% dengan rata-rata 69,68% sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Siklus ke II diperoleh hasil minat belajar siswa yang sudah mencapai 70% dengan rata-rata 72,21% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai ≥ 77 sudah mencapai 80% dengan rata-rata 81,09% sehingga tidak perlu dilanjutkan dengan siklus berikutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Akuntansi siswa

 

Kata Kunci : Minat, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Two Stray two stray


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jakpi.v11i1.48003

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.