Analisis Pengaruh Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kota Medan

Mutiara Ananda Tongku

Abstract


UMKM merupakan salah satu tiang penyokong perekonomian negara kita. Menurut ASEAN Investment Report yang dirilis September 2022, Indonesia merupakan pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terbanyak di kawasan ASEAN. Berdasarkan situs web resmi milik BKPM, bahwa “UMKM memiliki kontribusi besar terhadap PDB yaitu 61,97% dari total PDB nasional atau setara dengan Rp. 8.500 triliun pada tahun 2020 dan UMKM telah menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar yaitu 97% daya serap dunia usaha pada tahun 2020”. Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo yaitu Samuel Abrijani Pangerapan menyampaikan bahwa, dilihat dari data dari Kementerian Koperasi dan UMKM, Indonesia memiliki jumlah UMKM dengan jumlah yang cukup besar yaitu mencapai lebih dari 64 juta. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan yaitu Benny Iskandar Nasution megatakan bahwa “Jumlah UMKM yang menjadi binaan Pemkot Medan mengalami peningkatan signifikan dari 27.000 pada tahun 2021 dan menjadi 90.000 UMKM pada tahun 2022. Para pelaku UMKM di Kota Medan tampaknya masih jarang yang mengimplementasikan sistem informasi akuntansi pada usahanya.

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi sistem informasi akuntansi terhadap kinerja UMKM di Kota Medan. Tahapan metode penelitian dimulai dengan mencari UMKM yang telah mengimplementasikan sistem informasi akuntansi pada usahanya dan membagikan kuesioner kepada seluruh sampel secara langsung. Penyebaran kuesioner dilakukan sebagai metode pengumpulan data dengan sasaran yaitu pelaku UMKM di Kota Medan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian membuktikan bahwa kinerja UMKM di Kota Medan dipengaruhi oleh implementasi sistem informasi akuntansi sebesar 0,743 atau 74,3%, dan sisa lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi sistem informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Kota Medan atau Ha diterima pada penelitian ini dengan sampel 44 UMKM di Kota Medan yang telah memenuhi kriteria.

Kata Kunci : UMKM, Sistem Informasi Akuntansi, Kinerja UMKM


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jakpi.v11i2.52587

Article Metrics

Abstract view : 45 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.