PARTISIPASI KARYAWAN BERPENGARUH TERHADAP PERFORMANCE MANAJERIAL DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN REWARD SEBAGAI VARIABEL MODERATING

anggriyani anggriyani, syarul rambe

Abstract


Penyusunan anggaran yang baik seyogyanya menggunakan prinsip dari bawah ke atas (bottom up) yang melibatkan berbagai level jabatan di setiap departemen dalam suatu perusahaan. Hal ini akan lebih baik karena dapat mengharapkan berbagai masukan dari kalangan bawahan untuk menentukan target kinerjanya yang hendak ingin dicapai dalam suatu periode atau jangka waktu tertentu.

Rumah Sakit Pirngadi adalah Rumah Sakit Umum Pemerintah yang ada dikota Medan. Pengelolaan Pembelanjaan Alat-alat Kesehatan memerlutkan anggaran yang tepat dalam hal perencanaan dan penggunaan. Kasus pemakaian ulang atau daur ulang alat-alat kesehatan atau penggunaan rekondisi alat-alat kesehatan pada tahun 2015 menandakan penggunaan pengelolaan anggaran tidak secara tepat guna. Tanpa komitmen organisasi partisipasi tidak akan berpengaruh pada kinerja manajerial. Partisipasi dengan komitmen yang berpengaruh akan meningkatkan kinerja manajerial. Sistem komitmen organisasi dan pemberian reward kepada pihak yang terkait dalam penyusunan anggaran adalah merupakan hal cukup menarik.

Pemilihan sampel dengan cara Sensus, dimana pemilihan anggota sampel diambil 32 orang yang ada dibagian operasional dan pembelian peralatan kesehatan.  Rumah Sakit Umum Pirngadi Medan diambil semua untuk disurvey. Hal ini dilakukan karena keterbatasan sampel yang diambil sehingga diambil secara keseluruhan bagian Operasional (Enginering) dan pembelian peralatan (perencanaan) yang terlibat langsung dengan perencanaan dan penyusunan anggaran. Data diolah dengan menggunakan software SPSS versi 17 dengan metode regresi linear yang menggunakan variabel moderating. Analisa data dilakukan dengan pendekatan regresi dengan menggunakan variabel moderating dengan tingkat alpha 0,05 (5%) artinya dibawah 0,05 (t-value <0,05) maka setiap variabel berpengaruh secara signifikan. Pengujian korelasi parsial dengan menggunakan t-test menunjukkan variabel komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap hubungan antara partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial.

Pengujian secara simultan dilakukan dengan F-test (F-value <0,05) atau sebesar 0,000 maka semua variabel secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh komitmen organisasi dan reward secara simultan terhadap hubungan partisipasi dalam penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jakpi.v3i1.7426

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.