PENGEMBANGAN MATERI AJAR XBRL PADA MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Khairunnisa Harahap, Dedy Husrizalsyah, Esa Setiana, M. Ridha Habibi Z.

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan penelitian ini adalah tersusunnya bahan ajar  dan kefektifan materi ajar XBRL sebagai pengembangan dari materi Sistem Informasi Akuntansi. Permasalahan penelitian ini adalah materi XBRL tersebut belum ada di buku teks Sistem Informasi Akuntansi, sehingga perlu adanya modul untuk menambah pengetahuan mahasiswa terhadap teknologi informasi XBRLyang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran, yakni peningkatan pemahaman dan ketrampilan professional memanfaatkan teknologi komputer bagi mahasiswa. Pengembangan Materi XBRL ini dianggap perlu karena Pengimplementasian XBRL di Indonesia mengacu pada peraturan Bank Indonesia No.4/14/PBI/2012 tentang transparansi dan publikasi pelaporan Bank untuk bank umum. Untuk mahasiswa Akuntansi, teknologi ini dianggap sangat perlu di kenalkan karena berhubungan dengan bidang ilmu akuntansi. Secara umum penelitian ini bertujuan mengembangkan materi Sistem Informasi Akuntansi, khususnya XBRL yang sudah dianjurkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen  Pendidikan untuk di kenalkan Kepada mahasiswa S1 dengan pengujian pakar ahli materi dan disain pembelajaran.

Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester V jurusan akuntansi yang mengambil mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi.Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan menggunakan  pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data yang merupakan saran dan kritik dari ahli/pakar dan mahasiswa dianalisis dengan pendekatan kualitatif, sedangkan data kelayakan modul dan pendapat mengenai kesesuaian modul diolah dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data kualitatif diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan skala linkert yang di beri nilai 1 sampai 5. Hasilnya dirata-rata dan digunakan untuk menilai kualitas materi  pembelajaran.

            Setelah melalui serangkaian prosesuji coba, maka hasil dari validasi dan uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar materi XBRL initelah memenuhi kriteria “baik”  dan siap untuk digunakan dalam matakuliah Sistem Informasi Akuntansi. Dari hasil validasi menurut ahli materi adalah “baik” dengan rata-rata skor 3,69. Hasil validasi menurut ahli desain adalah baik dengan skor rata-rata  3,43 sedangkan hasil penilaian uji coba satu-satu terhadap mahasiswa adalah baik dengan skor rata-rata 3.83 danhasil penilaian uji coba kelompok kecil terhadap mahasiswa adalah baik dengan skor rata-rata 3.60. Maka hasil penilaian uji coba lapangan (kelompok besar) terhadap mahasiswa adalah baik dengan skor rata-rata 3.79.

 

 

Kata kunci: Materi Ajar, XBRL, Sistem Informasi akuntansi.



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jakpi.v5i02.9168

Article Metrics

Abstract view : 304 times
PDF - 804 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.