PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PADA MATA PELAJARAN SANITASI DAN HYGIENE DI SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG

Dara Okta Atika, Lina Pangaribuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk kelayakan media Animasi pada mata pelajaran sanitasi dan hygiene. Penelitain didesain dengan model penelitian research and development (R&D) dan dilaksanakan pada bulan Juli-September 2020 di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang dengan subjek siswa kelas X program Tata Kecantikan.

Penelitian ini adalah Research And Development (R&D), karena penelitian ini termasuk penelitian pengembangan pendidikan yang dimaksud untuk menghasilkan produk media animasi pada mata pelajaran sanitasi dan hygiene. Pengembangan media ini dilakukan dengan menggunakan makromedia flash 8.0. Tahapan awal penelitian ini adalah menganalisis potensi dan masalah  yang  dihadapi disekolah dengan melakukan analisis kebutuhan guru. Tahap kedua adalah mengumpulkan data baik dari guru maupun pihak sekolah. Tahap ketiga dalah melakukan desain produk. Tahap keempat adalah memvalidasi produk kepada ahli dan tahap kelima adalah media yang sudah direvisi oleh ahli.

 Hasil uji coba yang dilakukan terhadap media animasi menunjukkan bahwa persentase skor untuk keseluruhan aspek media animasi sebesar 90,23% dengan kategori sangat baik. Untuk aspek materi persentase skor yang didapatkan sebesar 87,49% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil penilaian oleh ahli media diperoleh skor sebesar 92,97 dan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media animasi pada mata pelajaran sanitasi dan hygiene dapat digunakan sebagai bantuan belajar untuk siswa.

 

Kata kunci: pengembangan animasi, sanitasi, hygenie


Full Text:

PDF

References


Agustien, R., Umamah, N., Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman Di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi. V(1): 19-23.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad dan Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Awalia, I., Pamungkas, A.S.,dan Alamsyah, T., P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal KREANO. 10(1): 49-56.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Ghufron. (2013). Panduan Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Lowe. (1999). Extracting Information From An Animation During Compex Visual Learning. Journal of Technical Education and Training 2(2): 15-30

Sadiman, A. S, dkk. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Reseaccrh and Development. Bandung: Alfabeta

Widiastuti, N.A. (2017). Pengembangan Media Animasi Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kabupaten Kudus. Jurnal DISPROTEK. 8(2): 51-55




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v2i1.26089

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.