PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN TANGAN DAN KAKI SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran swish max pada materi pengurutan tangan siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian research and development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Objek penelitian ini adalah mata pelajaran perawatan tangan dan kaki pada kompetensi dasar pengurutan tangan. Tahapan awal penelitian ini adalah menganalisis potensi dan masalah yang dihadapi disekolah dengan melakukan analisis kebutuhan guru. Tahap kedua adalah mengumpulkan data baik dari guru maupun pihak sekolah. Tahap ketiga dalah melakukan desain produk. Tahap keempat adalah memvalidasi produk kepada enam orang ahli dan tahap kelima adalah media yang sudah direvisi oleh ahli. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa hasil penilaian dari ahli materi sebesar 95,68% dengan kategori “Sangat Baik” dan ahli media 91,01% dengan kategori “ Sangat Baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi swish max yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan untuk materi perawatan tangan khususnya pada pengurutan tangan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pada materi pengurutan tangan dapat digunakan sebagai bantuan belajar untuk siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/fls.v2i2.33908
Article Metrics
Abstract view : 155 timesPDF - 123 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.