PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENGANTIN TRADISIONAL SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN

Safani Trimasayu Tanjung, Nurhayati Tanjung

Abstract


Riset ini dilakukan untuk menentukan kelayakan media pembelajaran yang telah dirancang dengan menggunakan media videoscribe pada materi pelajaran sanggul ukel tekuk jogya putri. Jenis riset yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penelitian Research and Development (R&D). Dalam riset ini, objek pemeriksaannya adalah materi pelajaran sanggul ukel tekuk jogya putri yang dikembangkan menggunakan media videoscribe. Dan subjek riset ini yaitu peserta didik kelas XI Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menujukkan bahwa media pembelajaran benar-benar dapat dimanfaatkan baik dari segi pembelajaran, materi maupun tampilan program. Kemungkinan adanya media pembelajaran Videoscribe pada mata pelajaran pengantin tradisional dan pada materi sanggul ukel tekuk Jogya Putri tergantung dari penilaian 3 validator ahli materi dan 3 validator ahli media. Hasil evaluasi umum dari ahli materi dengan taraf 92,22% dengan ukuran “sangat baik” dan ahli media dengan taraf 88,52% dengan ukuran “sangat baik”. Terlebih lagi, dapat diduga bahwa media pembelajaran videoscribe yang dibuat sepenuhnya layak digunakan untuk mata pelajaran. Pengantin Tradisional khususnya pada materi Sanggul Ukel Tekuk Jogya Putri.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v2i2.33910

Article Metrics

Abstract view : 119 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.