PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK PENGURUTAN BADAN (MASSAGE) PADA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan produk video tutorial sebagai media pembelajaran materi pengurutan badan (massage). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research & Development), merupakan metode penelitian yang bertujuan mengembangkan dan menguji suatu produk yang akan dihasilkan untuk kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa kuantitatif. Uji validitas dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Ahli materi terdiri dari dua orang dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan yang berkompeten di bidang perawatan badan (body massage) serta satu orang guru bidang studi mata pelajaran perawatan badan (body massage). Sedangkan ahlimedia merupakan tiga orang dosen Fakultas Teknik pada Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa video tutorial materi ajar pengurutan badan (massage) berdasarkan hasil penilaian dari para ahli materi memperoleh skor sebesar 96% artinya materi yang terdapat pada video tutorial tersebut dinyatakan sangat baik. Sedangkan penilaian dari para ahli media, produk yang dikembangkan berupa video tutorial pada materi ajar pengurutan badan (massage) memperoleh skor sebesar 94%, artinya tampilan media yang terdapat pada video tutorial tersebut dinyatakan sangat baik. Berdasarkan hasil uji respon siswa yang dilakukan terhadap tiga kelompok maka dapat diketahui bahwa berdasarkan perhitungan pada ujicoba kelompok kecil hasil keseluruhan mencapai 91%, pada ujicoba kelompok sedang hasil keseluruhan mencapai 92%. Begitu juga dengan perhitungan pada ujicoba kelompok besar mencapai 92%, dengan rata-rata nilai keseluruhan mencapai 92%. Dapat disimpulkan bahwa video tutorial pembelajaran materi pengurutan badan (massage) dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran oleh tenaga pendidik dan peserta didik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/fls.v3i1.33917
Article Metrics
Abstract view : 276 timesPDF - 283 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.