EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL PANGKAS RAMBUT UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN TATA RIAS DAN KECANTIKAN

Wisri Ardhita Manda Putri, Jalius Jama

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa yang berasal dari sekolah menengah umum lebih menekankan pada aspek teoritis, dan tidak dalam aspek keterampilan, materi pembelajaran pemangkasan rambut selama ini masih banyak disampaikan dalam aspek teori. Belum adanya media/sumber belajar yang berorientasi pada kemandirian, kemampuan dalam membuat pembelajaran berbasis elektronik belum optimal, serta hasil belajar mahasiswa rendah. Tujuan penelitian yaitu: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial pangkas rambut, (2) Untuk mengukur efektivitas media pembelajaran video tutorial pangkas rambut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil uji efektifitas media video tutorial pembelajaran diperoleh dari nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol mahasiswa setelah mengunakan media video tutorial pembelajaran berada dalam kategori efektif. Kesimpulannya yaitu: (1) Media pembelajaran video tutorial pangkas rambut sudah berhasil dikembangkan, (2) Media pembelajaran video tutorial pangkas rambut sudah efektif digunakan pada mata kuliah Pemangkasan Rambut mahasiswa jurusan Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan di Universitas Negeri Padang.

Full Text:

XML

References


Adhi Yoga Utomo. 2018. “Pengembangan Video Tutorial dalam Pembelajaran Sistem Pengapian di SMK.” Jurnal Taman Vokasi, Volume 6, Nomor (1): 68-76.

Ahmad Wildan. 2015. Efektivitas Pemanfaatan Video Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di MAN Salatiga. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Astuti, Sutriari. 2013. Dasar-dasar Pemangkasan. PPPG Kejuruan.

Dian Maya Sari dan Sahat Siagian. 2013. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pangkas Rambut Lanjutan Berbasis Komputer Program Studi Tata Rias Rambut”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 6, Nomor (1): 1-15.

Erna Setyowati. 2018. “Keefektifan Modul Elektronik Berbasis Konservasi untuk Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pangkas Desain”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, Volume 11, Nomor (1): 1-7.

Ilham Baharuddin. 2014. “Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan.” Jurnal Nalar Pendidikan, Volume 2, Nomor (2): 90-97.

Linda Faiqatul Habibah. 2018. “Pemanfaatan Video Tutorial Rias Wajah Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Merias Wajah Bagi Seorang Siswa Tata Kecantikan Rambut SMKN 1 Sooko.” E-Jurnal Edisi Yudisium Periode Februari, Volume 7, Nomor (1): 92-100.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v3i1.41015

Article Metrics

Abstract view : 93 times
XML - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.