EFEKTIVITAS PEMANFAATAN KOPI ROBUSTA SEBAGAI LILIN AROMATERAPI BODY SPA PADA SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

RASTA RISMA, Marnala Tobing

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan kopi robusta sebagai lilin aromaterapi body spa pada siswa kelas XI Tata Kecantikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian semi kualitatif merupakan perpaduan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu, efektivitas lilin aromaterapi kopi robusta. Sampel penelitian diambil secara acak pada kedua kelas dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi/pengamatan, angket, dokumentasi. Hasil dianalisis dengan menggunakan teknik statistika dasar yang digambarkan dalam bentuk persentase. Rata-rata hasil penelitian menggunakan skala likert yang di kategorikan sangat baik dengan skor 4, baik dengan skor 3, cukup dengan skor 2 dan kurang dengan skor 1. Bedasarkan hasil pengumpulan data dan hasil uji efektivitas diperoleh interval 84 s/d 93 dengan kategori Efektif. Nilai siswa tertinggi 100 dan nilai siswa terendah 50. Bedasarkan data hasil efektivitas kopi robusta sebagai lilin aromaterapi bodyspa diperoleh skor rata-rata nilai Mean = 83.38 dan Standar Deviasi (SD)=11.85. Sehingga tingkat efektivitas hasil lilin aromaterapi body spa adalah cenderung efektif.

 

Kata kunci : Efektivitas Lilin Aromaterapi Bodyspa, Kopi Robusta


Full Text:

PDF

References


Farhaty, Naeli dan Muchtaridi. 2015. Tinjauan Kimia dan Aspek Farmakologi

Senyawa Asam Klorogenat pada Biji Kopi: Review. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Harahap, MR. 2017. Identifikasi Daging Buah Kopi Robusta (Coffea Robusta)

Berasal dari Provinsi Aceh. Journal of Islamic Science and Technology

Haryanto, B. 2018. Prospek Tinggi Bertanam Kopi: Pedoman Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Perkebunan Kopi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Kartini R.A. 2016. Habis Gelap Terbitlah Terang Terjemahan Armijn Pane. Jakarta: Dian Rakyat.

Mardiasmo. (2016). Efisiensi dan Efektifitas. Jakarta : Andy

Mirafa, A. 2021. Kreasi Lilin Aromaterapi Inspirasi Hobi dan Bisnis. Malang : Lembaga Kajian teori

Novita, W. 2009. Buku Pintar Merawat Kecantikan Di Rumah. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Ravianto J. 2014. Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta : Binaman Aksara,

Rismawati, F., I.S. Nurminabari, dan L.H. Afrianti. 2016. Pengaruh Perbandingan Air Dengan Buah Salak Dan Konsentrasi Penstabil Terhadap Karakteristik Minuman Sari Buah Salak Bongkok. Skripsi. Bandung : Universitas Pasundan.

Rusli N, Rerung RWY. 2018. Formulasi Sediaan Lilin Aromaterapi Sebagai Anti Nyamuk dari minyak Atsiri Daun Nilam. Jurnal Penelitian : Politeknik Bina Husada.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v3i2.49235

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.