PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SWISH MAX PADA MATA PELAJARAN KECANTIKAN DASAR RAMBUT SISWA KELAS X SMK NEGERI LUBUK PAKAM

Bernawati Simatupang, Rohana Aritonang Aritonang

Abstract


Penelitian yang telah dilaksanakan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Swish Max pada mata pelajaran Kecantikan Dasar yakni pada materi pengurutan kulit kepala dan rambut siswa kelas X Tata Kecantikan yang jumlahnya 32 siswa. Prosedur pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian Research and Development (R&D). Serta tahap pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini dibatasi dengan tujuh tahap 1) Potensi dan Masalah,  2) Mengmpulkan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Perbaikan Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Dan terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang, uji coba kelompok sedang berjumlah 10 orang, uji coba kelompok besar berjumlah 32 orang dan dilanjutkan dengan uji coba kelayakan media pada siswa dan guru.Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menujukkan bahwa hasil penilaian  dari ahli materi 4,50 dengan kriteria “sangat baik” dan ahli media 4,57 dengan kriteria “sangat baik”. Uji coba kelompok kecil mendapat interval skor 3,72 dengan kriteria “baik”, kelompok sedang 4,32 dengan kriteria “sangat baik” dan kelompok besar 4,63 dengan kriteria “sangat baik”.

Kata Kunci : Research and Development (R&D), Swish Max, Metode Pengurutan Kulit kepala dan rambut.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar.(2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Candra.(2005). Animasi Teks Profesional Dengan Swish Max. Palembang: Maxikom

Dodi.(2002) Panduan Swish Max. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Khoirudin, Moch Agung. (2020). Media Pembelajaran Interaktif. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2015). Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nurgiantoro, Burhan. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi. : Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta

Purnomo, Ardhi Mardiyanto Indra. (2015). Manfaat Swedish Massage Untuk Pemulihan Kelelahan Pada Atlet. Jurnal Kesehatan

Riduwan. (2012). Skala Pengukur Variabel-Variabel Penelitian. BandungAlfabeta.Dasar.Yogyakarta: Andi.

Santoso, giriwijoyo dan didik zafar sidik. (2013). Fungsi Tubuh Manusia Pada Olahraga Untuk Kesehatan Dan Prestasi. Bandung: PT. Remaja rosdokarya.

Sriadhi. (2014). Instrumen Ukur Kelayakan Courseware Multimedia Learning, Centre For Instructional Technology And Multimedia:USM

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sulistyorini, Dwi Ermavianti Wahyu, dan Ani Susilowati. (2019). Kecantikan Dasar.Yogyakarta: Andi.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2016. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Syarief, A, M.(2006). Cara Cepat Membuat Animasi Flash Menggunakan Swish Max. Yogyyakarta: Pustaka Andi.

Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran (Visual-Audio Visual- Computer-Power Point-Internet-Interaktive Vidio). Jakarta: Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v3i2.49236

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot