ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PEMANGKASAN RAMBUT DASAR SISWA SMK AKP GALANG
Abstract
Tujuan dari dilaksankannya Penelitian adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran pemangkasan rambut Oval siswa SMK AKP Galang kelas XI Tata Kecantikan Rambut T.A 2021/2022, Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa SMK yang mengambil mata pelajaran pemangkasan rambut Dasar. Pengambilan sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa dan teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah menyebar angket. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pernyataan angket Kesulitan siswa dalam pembelajaran daring pada Mata Pelajaran Pemangkasan Rambut Dasar diperoleh 30 butir angket. Terdapat 3 indikator kesulitan belajar diantaranya 1) Kesulitan teknis yang mempengaruhi signyal dan ketidak mampuan dalam pembelajaran daring dengan skor rata-rata = 2,95 dengan Tingakat Capaian Responden (TCR) = 74 % termasuk kategori sedang, 2) Kesulitan pelaksanaan pembelajaran Daring pada mata pelajaran pemangkasan Rambut Dasar dengan skor rata-rata = 3,36 dengan TCR = 84 % dikategorikan kesulitan, 3) Kesulitan dalam faktor Eksternal dengan skor rata-rata = 2,97 dengan TCR 74 % di kategorikan kesulitan sedang. Hasil ini menunjukan pembelajaran daring pada mata pelajaran pemangkasan rambut dasar siswa SMK AKP Galang mengalami kesulitan.
Kata Kunci : Analisis Kesulitan Daring, Pemangkasan Rambut Dasar.
Full Text:
PDFReferences
Adila, N.(2020).Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Daring terhadap pemebelajaran bahasa Indonesia Siswa Klas XI SMP Negeri 3. Makassar
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta : Cipta PT Rineka
Batubara,R.(2021)Kesulitan belajar siswa dimasa pandemic covid-19 di SMAN 1 Sei rampah, Jurnal,vol.1,no 1
Egar, N. (2021)Kesulitan yang di hadapi di dunia pendidikan, skripsi
Ermavianti, Dwi & Susilowati, (2018). Pemangkasan Dan Pewarnaan Rambut, Yokyakarta : Penerbit Andi
Fadila, S. (2021) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan belajar berbasis Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP N. 1Kateman Pada Masa Pnademi COVID-19
Fauzy, A. & Nurfauziah P. (2021) ” Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin”.
Irlindawati, S, Dkk (2019). Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut. Yokyakarta: Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Klara, F. & Ristiono (2021). Identifikasi Fakor Peyebab Kesulitan Belajar siswa yang Pembelajarannya dalam Jaringan (daring) Kelas XI Padang, Skripsi
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. In Metode Penelitian Kuantitatif,
Susilo Adityo, Dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia | Vol. 7, No. 1 | Maret 2020
Kualitatif, dan R & D (p. 232). Bandung: Alfabeta.
Widiarti,T, & Ariyanti. E.K (2020). Pemangkasan dan Perawatan Rambut. Yokyakarta:Quantumbook
DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v3i2.49237
Article Metrics
Abstract view : 54 timesPDF - 35 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.