EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH GERIATRI DI SMK NEGERI 10 MEDAN
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran rias wajah geriatri di Smk Negeri 10 Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan ialah seluruh siswa kelas XI dan XII Tata Kecantikan Smk Negeri 10 Medan yang berjumlah 143 orang siswa. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling, dengan pengukuran 35% dari jumlah populasi, maka penelitian ini mengambil sampel sebanyak 50 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket, pretest dan posttest. Hasil penelitian efektivitas pembelajaran daring menunjukkan bahwa hasil skor rata-rata 27% dengan kriteria “sangat tidak baik”. Hasil belajar rias wajah geriatri di peroleh skor rata-rata pretest sebesar 65,5% dan skor rata-rata posttest 56,95%. Tidak ditemukan adanya peningkatan dalam perlakuan tersebut, hanya memperoleh jumlah -8,55%, dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan sebesar 61,22%, dengan kriteria interval “cukup baik”. Data tersebut menyatakan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran kurang dan tidak efektif terhadap peningkatan hasil belajar rias wajah geriatri.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Rias Wajah Geriatri
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, R. 2020. Pedoman Pembelajaran Daring. Banjarmasin : UIN Antasari Banjarmasin
Alfiyatin, Y. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pandangan Siswa Mi Al-Falah Dakiring-Bangkalan. Bangkalan
Anjelin, A.E. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa SD di Masa Pandemi. JIIP : Vol 4 No 3
Arifin, Z. 2017. Penelitian Pendidikan Metode dan Paragdima Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya
Badrudin, A.R. 2020. Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauah Berbasis Daring Selama Pandemi Covid 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Bogor. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 09 No 02
Dewi, N.F. 2020. Kajian tentang Lem Bulu Mata sebagai Kosmetik untuk Koreksi Mata Menurun dalam Tata Rias Wajah Geriatri. Journal of Beauty and Cosmetology (JBC). Vol 2 No 1
Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature. Vol 3 No 1
Masruri. 2017. Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan. Padang : Akademi Permata
Putri, A.N. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ekonomi (Ecogen). Vol 3 No 4
Pratama, R.E. 2020. Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia. Vol 1 No 2
Ricardo. 2017. Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JP MANPER). Vol 2 No 2
Sa’diyah, N.P 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. JIMEA. Vol 5 No 2
Sulistyorini, D. 2019. Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art, dan Rias Wajah Khusus dan Kreatif SMK/MAK Kelas XI. Yogyakarta : Penerbit Andi
Syarifudin, A.S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-33.
Ulya, S.F. 2018. Analisis Prediksi Quick count dengan Metode Stratified Random Sampling dan estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum LiketHood. UNNES. 7(1)
DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v3i2.49245
Article Metrics
Abstract view : 50 timesPDF - 52 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.