PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN PANGKAS RAMBUT DASAR SISWA TATA KECANTIKAN DI SMK NEGERI 1 BERINGIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengembangan modul elektronik pada mata pelajaran pemnagkasan rambut daasar di SMK Negeri 1 Beringin. (2) untuk mengetahui kelayakan modul elektronik pada mata pelajaran pemangkasan rambut dasar diSMK Negeri 1 Beringin. Pengembangan media pembelajaran modul elektronik pada mata pelajaran pemangkasan rambut dasar menggunakan metode penelitian Reseacrh and Deveopment(R&D) yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket serta pada teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media pembelajaran modul elektronik dari ahli materi 93,84% dengan katagori “Sangat Baik” dari ahli materi 93,33% dengan katagori “Sangat Baik”. Dengan hasil akhir pengembangan media pembelajaran 93,54% dengan katagori “Sangat Baik”. Setelah di kembangkan maka dilakukan uji coba untuk mengetahui (2)hasil kelayakan media dengan uji coba kelompok kecil 91% dengan katagori “Sangat Baik” uji coba kelompok sedang 95% dengan katagori “Sangat Baik” uji coba kelompok besar 98% dengan katagori “Sangat Baik” . dengan hasil kelayakan media pembelajaran 96,47% dengan katagori “Sangat Baik” Dengan demikian Modul Elektronik Pada Mata Pelajaran Pemangkasan Rambut Dasar dikatagorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran. Modul Elektronik. Pangkas Rambut Dasar.
Full Text:
PDFReferences
Aryadillah dan Fifit Fitriansyah. (2017). Teknologi Media Pembelajaran: Teori dan Praktik. Cibinong: Herya Media.
Aprileny, Lidia dkk. (2020). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED.
Departemen Pendidikan Nasional. (2019). Pedoman Pengembangan Modul Pembelajaran SMK. Jakarta: Depdiknas.
Ermavianti Dwi , Ani Susilowati (2018) Pemangkasan Dan Pewarnaan Rambut. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Farida, Nurul dan Triani Ratnawuri . (2021) Pengembangan E-Modul Interaktif Berbantu Flipbook Pada Mata Kuliah Statistik. Prosiding Seminar Nasional
Hasan, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hayono Akhmad (2019) Panduan Potong Rambut Dan Kewirausahaannya. Jember: Digital Repository
Herawati, Nita Sunarya dan Ali Muhtadi. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Sma Peraturan Perundang-undangan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol 5(2): 180-191.
Hikmawati Fenti (2019) . Metodologi Penelitian . Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Irlindawati Silfi, dkk (2020) Pemangkasan Dan Pewarnaan Rambut. Surakarta : Direktorat Pembinaan SMK.
Ismi, dkk. (2019) Efektifitas pengembangan E-modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran nstalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol 3(3): 306-315.
Nenden Mulyatiningsih,Dandan. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.V.No.1.
Otaviani Kuntum (2022) Pengambangan Bahan Ajar. Padang
Rusdin (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada .
Setyowati Erna (2018)Keefektifan Modul Elektonik Berbasis Konservasi Untuk Meningkatkan Kreatifitas Pembelajaran Mata Kuliah Pangkas Desain. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan . Vol .11 No.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Surjono, Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Perss
Suryani Nunuk, dkk (2021) Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Susilana Rudi, Cepi Riyana (2020) Media Pembelajaran.Bandung: CV Wacana Prima.
Triyono Slamet (2020) Dinamika Penyusunan E-Modul. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Widiarti Titik, Erni Eka (2020) Pemangkasan Dan Pewarnaan Rambut. Malang: PT Kuantum Buku Sejahtera.
Widya Puji Astuti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pangkas Rambut Lanjutan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan. Vol.12 NO.1 2019
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Peserta didik Kelas XI IPS Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. Vol 12(1), 1-7.
DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v4i1.49275
Article Metrics
Abstract view : 56 timesPDF - 146 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.