PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN SANITASI DAN HYGIENE KECANTIKAN SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK GELORA JAYA NUSANTARA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran Videoscribe pada mata pelajaran sanitasi dan hygiene siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Videoscribe pada mata pelajaran sanitasi dan hygiene siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Gelora Jaya Nusantara Medan yang berjumlah 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kelayakan media diperoleh dari uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang, kelompok sedang berjumlah 10 orang dan kelompok besar berumlah 24 orang. Hasil penelitian pengembangan media Videoscribe menunjukkan bahwa hasil skor rata-rata dari ahli materi sebesar 94,1% termasuk dalam kriteria sangat baik dan hasil skor rata-rata dari ahli media sebesar 95,2% termasuk dalam kriteria sangat baik. Kelayakan produk diperoleh dari penilaian oleh kelompok kecil dengan skor rata-rata sebesar 83,2% termasuk dalam kategori baik, penilaian oleh kelompok sedang memperoleh skor rata-rata sebesar 88% termasuk dalam kategori sangat baik dan penilaian oleh kelompok besar memperoleh skor rata-rata sebesar 92,5% termasuk dalam kriteria sangat baik, dengan rata-rata nilai keseluruhan yaitu 93,8% termasuk kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media Videoscribe materi sanitasi pada peralatan dan ruang kerja perawatan wajah secara manual dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran oleh tenaga pendidik dan peserta didik.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Videoscribe, sanitasi peralatan dan ruang kerja perawatan wajah manual.
Full Text:
PDFReferences
Air, Jon & dkk. (2014). Video Scribing. Uk Sparkol Book
Amir Hamzah. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara
Budiyono Saputro. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Cita Sari Dewi, et. al, (2019), “ Peranan Media Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Lintas Minat Biologi ”, Jurnal Pendidikan Biologi, ISSN: 2540-802X, Vol. 4, No. 2, hlm. 94.
Ermavianti, Dwi & Susilowati Ani. (2019). Sanitasi Hygiene Kecantikan. Yogyakarta: ANDI
Febrianto Arip, & Shalikhah Norma Dewi. (2020). Modul Membuat Media Pembelajaran Dengan Videoscribe Versi 3.2.1. Yogyakarta: UPY Press.
Indrayani, E (2016). Sanitasi Hygiene dan Kosmetika Kulit. Jakarta: Dikerktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Munawwarah. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. 8(2)
Nurul Imamah, Ahmad Ma’ruf. (2018). Pengaruh Penerapan Media Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Aqidah Akhlaq Di Mts Darul Ulum Purwodadi. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 4. No.1
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 02(3):303-309.
Sriadhi. (2018). Instrumen Ukur Kelayakan Courseware Multimedia Learning.Centere For Instructional Technologi and Multimedia. Medan: USM
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet
Susilana, Riyana. (2017). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima
Trimasayu. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Pada Mata Pelajaran Pengantin Tradisional Siswa Kelas XI Tata Kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
Wati, Ega Rima. (2020). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Windiyati, dkk. (2019). Perawatan Kecantikan Kulit. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v4i1.49277
Article Metrics
Abstract view : 65 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.