PENGEMBANGAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT SMK SWASTA PARIWISATA IMELDA TAHUN AJARAN 2021/2022

Melisa Melisa, Farihah Farihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Adobe Flash Professional pada mata pelajaran dasar kecantikan kulit.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development atau yang lebih dikenal R&D. Sedangkan model pengembangannya menggunakan model ADDIE. Pengembangan media pembelajaran bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga tercapainya kompetensi yang diharapkan pada siswa.

Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Pariwisata Imelda, Jl. Bilal No. 24, 52, Pulo Brayan Darat I, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Prov. Sumatera Utara pada bulan Desember 2021. Variabel penelitian ini adalah Media Pembelajaran Adobe Flash Professional CS6. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas X Tata Kecantikan Kulit SMK Swasta Pariwisata Imelda. Secara umum.

Berdasarkan data yang diperoleh, validasi dari ahli media memberikan nilai sebesar 4,59 dan ahli materi memberikan nilai sebesar 4,28. Sedangkan hasil uji coba pada siswa mendapatkan nilai sebesar 4,24. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Adobe Flash Professional pada mata pelajaran dasar kecantikan kulit dinyatakan layak untuk digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grapindo persada. Cetakan ke XVI.

Hardiansyah, Riki (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Untuk Madrasah Tsanawiyah. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Huda, Miftahul. (2017). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karnasih, Titin. Dkk. (2016). Modul Guru Pembelajar: Paket Keahlian Tata Kecantikan Rambut Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusumaningrum, Ananda (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Profesional CS6 Untuk Kelas V Mata Pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Kalam Cendikia Volume 6, Nomor 6.1, (2018) hlm. 36 –42.

Miarso, Yusuf Hadi. (2016). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah. Vol. 3 No 1 Juni. Pp. 171-187.

Pane, Aprida dan M. Darwis, (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu KeiSangat Layakaman. Vol. 03 No. 2 Desember. Pp. 333-352.

Sadiman, Arief S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Ayu, Mega. (2020). Melakukan Pengurutan (Massage) Wajah. Diakses pada 20 April 2021 dari https://youtu.be/p9wZzVD8gsc

Fitrin. (2021) melakukan pengurutan (massage) wajah diakses pada 24 januari 2021 dari https://youtu.be/qdkmMasZdsc.

Sriadhi dkk (2020), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Dwiwarna Medan. Jurnal TIK dalam Pendidikan, Vol. 7 No. 2 Desember 2020, p-ISSN: 2355-4983, e-ISSN: 2407-7488

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. (2019). Media Pengajaran. Bandung: SBAigensindo.

Sutopo, Ariesto Hadi, (2017). Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v4i1.49279

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.