PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MOVIE MAKER PADA MATERI PENGERITINGAN RAMBUT DI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan video pembelajaran berbasis movie maker pada materi pengeritingan rambut di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE, objek penelitian ialah pengembangan media video pembelajaran berbasis movie maker, subjek penelitian ialah 3 ahli materi dan 3 ahli media. Sasaran dari produk yang dihasilkan ialah 52 orang siswa kelas XI Tata Kecantikan. Hasil penelitian menunjukkan hasil presentase skor oleh ahli materi 81% dengan kriteria “sangat baik”, validasi ahli media 96% dengan kriteria “sangat baik”, berdasarkan uji coba kelompok kecil (5 orang) diperoleh 98% dengan kriteria “sangat baik”, uji coba kelompok sedang (15 orang) diperoleh 97% dengan kriteria “sangat baik”, uji coba kelompok besar (32 orang) diperoleh 90% dengan kriteria “sangat baik”. Dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian berupa media video pembelajaran berbasis movie maker ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Teknik Pengeritingan Rambut
Full Text:
PDFReferences
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. JurnalIlmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 62–78.
Almiyah. (2017). Perbandingan Hasil Pengeritingan Desain dengan Teknik Zig-Zag Menggunakan Alat Keriting Spiral Sosis dan Magic Roller. Tata Rias , 104-108.
Alphaomegaproperty. (2020). Pengertian Media Video Pembelajaran.
https://alphaomegaproperty.co.id/pengertian-media-video-pembelajaran
Alviana, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PREZI pada sub kompetensi Pengeritingan Dasar. Tata Rias , 1-9.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer Science+Business Media.
Darmadi. (2017).Pengembangan Modeldan MetodePembelajaran DalamDinamika BelajarSiswa. Yogyakarta:Deepublish
Daryanto. (2017). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakata: Gava Media
Ermavianti, dkk. (2019). In Pengeritingan rambut, penataan sanggul tradisional dan kreatif. Yogyakarta: CV.Andi offset.
Fitriyah, D. (2021). Pengembangan video tutorial praktikum kimia umum berbasis kehidupan sehari-hari di masa covid-19.TANJAK: Journal of Education and Teaching, 2(1), 63-69.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SekolahDasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017.
Haryoko, S. (2019). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. skripsi Universitas Negeri Makasar .
Hernawan Asep Herry, d. (2018). Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press 7.
HM, M. (sugioyo2021). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Perstasi Jakarta.
Kursus kita.(2020). Cara Pengeritingan Rambut Desain Teknik Vertikal 1 - Bahan Ajar Kursus Tata Kecantikan Rambut
https://www.youtube.com/watch?v=nSAeudDE3U8, diakses pada 23 November 2022
Mujahid, A.(2018) Pengembangan Media Pembelajran Berbasis Masalah Menggunakan Aurora 3DPresentastion dan Windows Movie Maker pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP N 20 Muaro Jambi. repositor.unja
Njenam. (2019). Keriting Batu bata. diakses pada 22 November 2022 http://dunianjenam.blogspot.com/2019/10/keriting-batu-bata.html
Pramono, Made.( 2015). Elearning dan Perkembangannya. (internet). (Diaskes 28 Jjuli 2022) Tersedia pada http://www.slideshare.net/madpram1/ pengembanganelearning-moodle-made-pramono-weblog
Pribadi, B. A. (2017). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.
Prihantina, I. (2016). Modul pemangkasan, Pengeritingan Desain dan Pelurusan Rambut. . Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riyanto, dkk. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Diktat
Safitri. S, dkk. (2019) Pengembangan media pembelajaran menggunakan windows movie maker pada mata pelajaran sejarah kelas XI sekolah menengah atas, 53-73
Shirotholmustaqim. (2020/02). tutorial-windows-movie-maker. Retrieved November Minggu 2022, from https://shirotholmustaqim.files.wordpress.com/2010/02/tutorial-windows-movie-maker.pdf
Simarmata, F. (2015). Pengembangan Media Movie maker Dengan Active And FunnyLearning Strategy Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Semarang. skrispi Universitas Negeri Semarang .
Siti, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Windows Movie maker Dalam Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Ahlak Siswa Kelas I materi Ahlak Tercela. UIN Maulana Malik Ibrahim .
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, N. D. P. (2020). Development Of Learning Media Based On Windows Producers To Improve Student Metacognitional Awareness. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 1(3), 79-84.
Suratman.D (2022). Modul Program Movie maker. Retrieved November Minggu 2022, from https://adoc.tips/download/bab-dua-program-movie-maker.html.
Usman, B. M. (2022). Media Pembelajaran. Jakarat: Ciputat Pers.
Wahyu, a. (n.d.). Traning Pembuatan Windows Movie maker (On-Line). Retrieved 07 28, 2022, from adji_biotek: https://www.slideshare.net
Widiarti, dkk. (2020). Pengeritingan Rambut Dan Penataan Sanggul Tradisional
Dan Kreatif kelas XII. Malang: Quantumbook.
DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v4i2.49280
Article Metrics
Abstract view : 113 timesPDF - 72 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.