PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA PADA MATERI PEMANGKASAN RAMBUT OVAL (DIAGONAL KEBELAKANG) SMK GELORA JAYA NUSANTARA MEDAN

ERICHA APRILLIA, SITI WAHIDAH

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana pengembangan media canva pada materi pemangkasan rambut oval (Diagonal Kebelakang) 2) kelayakan media canva pada materi pemangkasan rambut oval (Diagonal Kebelakang) di SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Gelora Jaya Nusantara Medan yang berjumlah 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Uji kelayakan dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. ahli materi terdiri dari satu orang dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan yang berkompeten di bidang pemangkasan rambut oval (Diagonal Kebelakang) serta dua orang guru bidang studi mata pelajaran kecantikan dasar. Sedangkan ahli media merupakan tiga orang dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Pengembangan media diperoleh dari uji kelompok kecil berjumlah 5 orang, kelompok sedang berjumlah 10 orang dan kelompok besar berumlah 20 orang. Hasil penelitian pengembangan media canva menunjukkan bahwa hasil skor rata-rata dari ahli materi sebesar 94,96% termasuk dalam kriteria sangat baik dan hasil skor rata-rata dari ahli media sebesar 97,16% termasuk dalam kriteria sangat baik. Hasil skor rata–rata dari uji kelompok kecil sebesar 85,23% termasuk dalam kategori baik, hasil skor rata–rata dari uji kelompok sedang sebesar 88,77% termasuk dalam kategori baik dan skor rata-rata dari uji kelompok besar sebesar 93,68% termasuk dalam kriteria sangat baik, dengan rata-rata nilai keseluruhan yaitu 91,96% termasuk kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa canva pada materi pemangkasan rambut oval (Diagonal Kebelakang) dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh guru dan siswa.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Canva, Pemangkasan Rambut Oval


Full Text:

PDF

References


Astuti Puji Widya,Marwiyah,Novi Ade,Rachmawati Annisa, 2019. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Rambut. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK). Vol 12 No.1

Enterprise, Jubilee.2021. Desain Grafis dengan Canva Untuk Pemula. Yogyakarta:PT ElexMedia Komputindo.

Hasanuddin Maulana, 2017. Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. Vol 4 No. 2. ISSN:2407-053x. Hal:129-150.

Hidayatullah Syarif, 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2.

Irlindawati, Silfi.2020. Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut. Jakarta:Direktur Sekolah Menengah Kejurusan.

Muji, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ketereampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal FKIP UJ. Vol.3, No. 4 Hal 1-4.

Monoarfa Merrisa, Haling Abdul, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Jurnal UNM. ISBN:978-623-387-015-3.

Prihantina, Ida.2017. Pemangkasan, Pratata dan Pengeritingan Teknik Dasar. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Rahmatullah,Inanna,Ampa Tenri, 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 12 No. 2. p-ISSN:2599-1418. e-ISSN:2599-1426.

Rohma Ani, Sholihah Ummu, 2021. Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 3, pp. 292-306. E-ISSN:2715-856X. p-ISSN:2338-1183.

Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sari Dian Maya, 2019. Pemangkasan Rambut. Medan: Harapan Cerdas.

Septiningsih Aisyah, 2020. Pengembangan E-Modul Dengan Menggunakan Media Canva Dan Kalkulator Casio Classwiz Pada Materi Fungsi Naik dan Fungsi Turun. Skripsi Moda Daring Best Practice.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:CV Alfabeta

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati, Asra. 2017. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tanjung Elvira,Faiza Delsina, 2019. Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektornika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. E – ISSN:2302-3295. Vol. 7, No. 2

Utomo Agus Luhur, Muslimin, Darsikin, 2017. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi ListrikDinamis Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. Jurnal Pendidikan Fisika Tadukalo (JPFT). ISSN 23383240. Vol, 4. No. 2.

Zaki Ahmad, Yusri Diyan, 2020.Penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan pretasi belajar siswa pada pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal lainlangsa.ac.id. P-ISSN:2406808.E-ISSN:25500686. Vol 7 No.2.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v4i2.49281

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot