PENGARUH PENGGUNAAN RIAS WAJAH SEHARI-HARI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWI DI FAKULTAS PARIWISATA DAN PERHOTELAN

Aulia Rahmi, Merita Yanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan rias wajah sehari-hari terhadap kepercayaan diri.  Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi di Fakultas Pariwisata dan perhotelan berjumlah 454 orang. Mengingat besarnya populasi maka penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sehingga sampel yang dianggap mewakili populasinya, yaitu mahasiswi yang menggunakan rias wajah sehari-hari di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan berjumlah 109 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan skala likert yang berjumlah pernyataan sebanyak 50 item. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rias wajah sehari-hari mahasiswi di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang termasuk kategori “sedang” dengan persentase 74%, sedangkan kepercayaan diri mahasiswi di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang termasuk kategori “sedang” dengan persentase 72%. Berdasarkan uji hipotesis, koefisien regresi bernilai positif yaitu menunjukkan pengaruh searah dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar (6,707 > 1,659) yaitu menunjukkan variabel penggunaan makeup berpengaruh terhadap variabel kepercayaan diri. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan mengenai pengaruh penggunaan rias wajah sehari-hari terhadap kepercayaan diri mahasiswi di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.

 

Kata kunci: Rias Wajah Sehari-Hari, Kepercayaan Diri


Full Text:

PDF

References


Angelis, B. D. (2003). Percaya Diri. Gramedia Pustaka Utama.

Berlianda, P. (2022). Pengaruh Penggunaan Makeup Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswi Tata Rias Dan Kecantikan Fakultas Pariwisatan Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Universitas Negeri Padang.

Hakim. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Puspa Swarta.

Karnasih, T. dkk. (2016). Modul Paket Keahlian Tata Kecantikan Rambut Kelompok Kompetensi D Perawatan Kulit dan Rias Wajah Sehari-Hari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian. Bumi Aksara.

Mastuti. (2008). Kiat Percaya Diri. Pt. Buku Kita.

Nurlaili. (2016). Rias Wajah Khusus Dan Kreatif. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramadhani, S. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Makeup Terhadap Kepercayaan Diri (Self Confidence) Mahasiswi Angkatan 2018 Di UIN Walisongo Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Remania. (n.d.). Tutorial Makeup Cantik. Prima.

Rucitra, Z. S. (2017). Perbandinga Hasil Penggunaan Lem Buku Mata dan Base Eyeshadow Pada Koreksi Alis Tata Rias Pesta. Universitas Negeri Semarang.

Syahilah, N. A. (2022). Makna Makeup Bagi Siswi SMK Tritech Indonesia Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Tresna, P. . (2010). Modul 4 dasar rias merawat tangan,kaki, dan kuku.

Windayani, N. R., & Ihsani, A. N. N. (2014). Peningkatan Hasil Belajar pada Rias Wajah Sehari-Hari Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif di SMK N 1 Tegal. Journal of Beauty and Beauty Health Education, 3(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v4i2.49283

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 188 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.