PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI SKIN CARE PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK DI PROGRAM STUDI TRK FPP UNP

Vegi Roma, Hayatunnufus Hayatunnufus

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk menganalisis online customer review produk skin care pada media sosial tiktok, untuk menganalisis minat beli skin care mahasiswi pada media sosial tiktok, untuk menganalisis pengaruh online customer review terhadap minat beli skin care pada media sosial tiktok di Program Studi TRK FPP UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswi Program  Studi D4 TRK angkatan 2019 dan 2020 yang berjumlah 199 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling berjumlah 67 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dibuat melalui google form dan diukur menggunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data penelitian ini yaitu mentabulasi data dan deskripsi data. Uji persyaratan analisis yang dilakukan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas dan uji t untuk pengujian hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Online customer review produk skin care pada media sosial tiktok menunjukkan secara keseluruhan dengan peresentase 57,91% berada pada rentang nilai 55-64% dengan kategori masih rendah dalam mempengaruhi minat beli. 2) Minat beli skin care mahasiswi pada media sosial tiktok menunjukkan secara keseluruhan dengan persentase 85,14% berada pada rentang nilai 80-89% dengan kategori tinggi. 3) Terdapat Pengaruh online customer review terhadap minat beli skin care pada media sosial tiktok di Program Studi TRK FPP UNP. Variabel online customer review memiliki pengaruh secara parsial sebesar 0,256 atau 25,6% terhadap minat beli skin care sedangkan 74,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Adriyati, R., & Indriani, F. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra merek dan minat beli pada produk kosmetik wardah. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 908-921.

Amelia, N., Sakti, D. P. B., & Mulyono, L. E. H. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Online Customer Review Menggunakan Media Tiktok Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whittening: The Effect of the Viral Marketing and the Online Customer Reviews Using Tiktok Media on the Interest in Buying Scarlett Whitening Products. Unram Management Review, 2(2), 181-191.

Badan POM. 2021. SIARAN PERS Public Warning Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika Mengandung Bahan Kimia Obat/Bahan Dilarang Tahun 2021. https://www.pom.go.id/new/view/more/pers/625/SIARAN-PERS---Public-Warning-Obat-Tradisional--Suplemen-Kesehatan--dan-Kosmetika-Mengandung-Bahan-Kimia-Obat-Bahan-Dilarang-Tahun-2021.html. Diakses pada tanggal 13 Juli 2023 pukul 11.30..

Dzulqarnain, Iskandar, 2019. Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace Shopee. Skripsi. Jember : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Negeri Jember.

Fadhila, Kavita Nur. 2022. “ Tiktok Shop, Platform Social Commerce Nomor Satu di Indonesia”. https://cxsense.com/id/artikel/tiktok-shop-platform-social-commerce-nomor-satu-di-indonesia-id, diakses pada 15 Februari 2023 Pukul 10.30.

Hayatunnufus. 2009. Perawatan Kulit Wajah. Padang: UNP Press Kosmetika, dan Estetika. Jakarta.

Iksania, Annisa Amalia. 2023. "Skin Care Adalah Asupan Nutrisi yang dapat Menjaga Kesehatan Kulit". https://www.sehatq.com/artikel/arti-skincare-serta-manfaat-dan-macam-macamnya-sudah-tahu#arti-skincare-dan-macam-macam-skincare, diakses pada 26 Maret 2023 pukul 17.38 wib.

Indika, D. R., & Jovita, C. 2017. "Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen". Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25-32.

Irwanto, I., & Hariatiningsih, L. R. 2020. "Penggunaan Skin Care dan Penerapan konsep Beuaty 4.0 Pada Media Sosial (Studi Netnografi Wanita Pengguna Instagram)". Journal Komunikasi, 11(2), 119-128.

Khammash, M. 2008. "Electronic Word-of-Mouth: Antecedents of Reading Customer Review in On-line Opinion Platforms": A Quantitative Study From the UK Market". In Proc. ADIS International Conference www/Internet (Vol 2008).

Kusnandar, Viva Budi. 2023. “10 Negara Pengguna Titok Terbesar Di Dunia, Indonesia Juara Dua". Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2023/01/11/10-Negara-Pengguna-Tiktok-Terbesar-Di-Dunia-Indonesia-Juara-Dua#:~:Text=Aplikasi%20tersebut%20juga%20cukup%20populer%20di%20Indonesia%2C%20terutama,Bawah%20Amerika%20Serikat%20yang%20memiliki%20136%2C42%20juta%20pengguna, diakses pada 15 Februari 2023 pukul 17.00 wib.

Markplus, Inc & Zap Clinic. 2022. Zap Beauty Indeks 2023. https://www.google.com/url?q=https://zapclinic.com/zapbeautyindex/2020&sa=U&ved=2ahUKEwixsMiDwvn9AhUgTWwGHQmoCDoQFnoECAMQAg&usg=AOvVaw0WejNy21_1OjMze8d9O2Bl, diakses pada 01 Maret 2023 pukul 15.00 wib.

Mediaindonesia. (2019, 05 Oktober). Indonesia Pasar Potensial Untuk Produk Perawatan Kulit.Diambil dari https://mediaindonesia.com. (Diakses pada tanggal 12 juli 2023 pukul 10.54 wib)

Minerva, Prima. 2019. Permasalahan, Perawatan & Kesehatan Kulit Wajah, Padang: CV. Berkah Prima.

Pangestu, Inggih. 2022. "Mengenal Apa Itu Tiktok, Sejarah Dan Beberapa Fitur-Fiturnya". Https://Idmetafora.Com/News/Read/1353/Mengenal-Apa-Itu-Tiktok-Sejarah-Dan-Beberapa-Fitur-Fiturnya.Html, diakses pada 15 Februari 2023 pukul 20.00 wib.

Ramadhan, A. F. 2019. "Pengaruh Online Costumer Review, Potongan Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Game Pada Aplikasi STEAM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Briwijaya)". Skripsi. Malang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Rose, Andara. 2022. "Cara dan Tips Mudah Jualan dan Belanja di Tiktok Shop". https://www.google.com/amp/s/dailysocial.id/amp/post/cara-jualan-dan-belanja-di-tiktok-shop, diakses pada tanggal 21 Maret 2022 pukul 19.41 wib

Setyani, A. H., & Azhari, M. Z. 2021. "Pengaruh Korean Wave dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan". Ikraith-Ekonomika, 4(1), 67-74

Tasyara, Laudia. 2022. "6 Ciri-Ciri Produk Kosmetik Aman Digunakan, Cek Izin Edar di BPOM".https://www.liputan6.com/hot/read/5123087/6-ciri-ciri-produk-kosmetik-aman-digunakan-cek-izin-edar-di-bpom, diakses pada tanggal 26 Maret 2023 pukul 12.01 wib.

Widokarti, J. R. & D. J. P. 2019. Konsumen Pemasaran Komunikasi kontemporer.

Yusra, Yenny. 2022. "Laporan Populix : 86% Masyarakat Belanja Melalui Platform Media Sosial". Https://Www.Google.Com/Amp/S/Dailysocial.Id/Amp/Post/Laporan-Populix-86-Masyarakat-Belanja-Melalui-Platform-Media-Sosial, diakses Pada Tanggal 19 Maret 2023 pukul 09. 48 wib.

Zahra, D. C. A., & Kadunci, E. R. Pengaruh Online Customer Review dan Content Marketing TikTok@ Azarinecosmetic terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Azarine di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Followers TikTok@ Azarinecosmetic).




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v4i2.49606

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 541 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.