PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CETAK TERHADAP PEMILIHAN KOSMETIK PADA GURU-GURU SMK NEGERI 1 BERASTAGI

Berta Eriska Simbolon, Nurhayati Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media cetak, mengetahui pemilihan kosmetik, dan mengetahui pengaruh penggunaan media cetak terhadap pemilihan kosmetik pada guru – guru SMK Negeri 1 Berastagi. Pada penelitian ini sampel adalah guru-guru SMK Negeri 1 Berastagi sebanyak 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket digunakan untuk mengumpul data penggunaan media cetak (X) dan pemilihan kosmetik (Y). Sebelum penelitian dilakukan, instrument penelitian yaitu angket yang disusun oleh peneliti terlebih dahulu di ujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan media cetak pada guru –guru SMK Negeri 1 Berastagi cenderung cukup, sedangkan tingkat kecenderungan pemilihan kosmetik pada guru –guru SMK Negeri 1 Berastagi cenderung kurang. Uji normalitas data menggunakan rumus chi – kuadrat pada taraf signifikan 5% dengan dk=5, diperoleh variabel penggunaan media cetak berdistribusi normal, karena χ2hitung < χ2tabel (4,75 < 11,070) dan variabel pemilihan kosmetik berdistribusi normal, karena χ2hitung < χ2tabel (10,87 < 11,1). Sedangkan uji linieritas dan uji keberartian persamaan regresi, Y = 110,96 + 135,87X mempunyai hubungan yang linier pada taraf signifikan 5% karena untuk uji linier Fhitung < Ftabel (0,217 < 2,39) dan koefisien arah regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung > Ftabel (8,81 > 4,20 ). Hasil analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,987 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N= 30 sebesar 0,361. Dengan demikian rxy > rtabel (0,987 > 0,361). Dengan mengkonsultasikan harga ttabel terhadap thitung terlihat bahwa harga thitung > ttabel (32,47 > 1,701). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Media Cetak Terhadap Pemilihan Kosmetik Pada Guru – Guru SMK Negeri 1 Berastagi.

 

Kata Kunci : Penggunaan Media Cetak, Pemilihan Kosmetik


Full Text:

PDF

References


Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

AzharArsyad.2009.MediaPembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Christin. 2009. Pengaruh Media Massa Dalam Perubahan Sosial. Diakses jumat 7 maret 2014 dari http// google.com

Chenny Han. 2010. Make- up Bibir. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Clarinase. 2013. Cara cerdas memilih kosmetik. Diakses pada 11 Maret 2015 darihttp:/artikelkesehatannwanita.com.html

Daryanto.2012.MediaPembelajaran.Bandung: PT. Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera

Dwiyogo. 2002. Dimensi-Dimensi Teknologi Pembelajaran. Malang: Wineka Media

Djajadisastra.2009.TekhnologiKosmetik.Tangerang: Departemen Farmasi FMIPA Universitas Indonesia

Ernes. 2004. Tips Kecantikan. Jakarta: Restu Agung

Gusnaldi. 2009. Make Up Korektif. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Kusumawardhani . 2014. Color Palette. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum

Lasantha.2011.http//imaginativecenda.blogspot.com/2011/02 ( di akses senin, 3 maret 2013)

Morissan.2010.Periklanan Komuikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta. Kharisma Putra Utama.

Nur’an, Am. 2009. Rahasia Dibalik Kosmetika. Jakarta: Beranda Media IImu.

Primadiati, Rachmi. 2001. Panduan Kosmetika, Jakarta: PT Gramedia

Puspita utama. 2011. Sejarah surat kabar majalah. Diakses rabu, 11 Maret 2015 http//puuspitaolpr.blogspot.com/2011/08/sejarah surat kabar majalah tabloid.html

Rahmawati. (2010). Fungsi dan manfaat media cetak. Di akses pada 11 Maret 2015 dari http:/pelangii21sekretaris.html

Retno Iswari T, Fatma Latifah, 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: Gramedia Pusatka Utama

Roeswoto.H.I. 1995. Tata Kecantikan Kulit Tingkat Terampil. Jakarta: Vika Press

Sanggarwaty, Ratih. 2003. Kiat Menjadi Model Professional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Suryawan, Debbie s. 2006. Beauty Expose By Andiyanto .Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.