PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CETAK TERHADAP PEMILIHAN KOSMETIK PADA GURU-GURU SMK NEGERI 1 BERASTAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media cetak, mengetahui pemilihan kosmetik, dan mengetahui pengaruh penggunaan media cetak terhadap pemilihan kosmetik pada guru – guru SMK Negeri 1 Berastagi. Pada penelitian ini sampel adalah guru-guru SMK Negeri 1 Berastagi sebanyak 30 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket digunakan untuk mengumpul data penggunaan media cetak (X) dan pemilihan kosmetik (Y). Sebelum penelitian dilakukan, instrument penelitian yaitu angket yang disusun oleh peneliti terlebih dahulu di ujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan media cetak pada guru –guru SMK Negeri 1 Berastagi cenderung cukup, sedangkan tingkat kecenderungan pemilihan kosmetik pada guru –guru SMK Negeri 1 Berastagi cenderung kurang. Uji normalitas data menggunakan rumus chi – kuadrat pada taraf signifikan 5% dengan dk=5, diperoleh variabel penggunaan media cetak berdistribusi normal, karena χ2hitung < χ2tabel (4,75 < 11,070) dan variabel pemilihan kosmetik berdistribusi normal, karena χ2hitung < χ2tabel (10,87 < 11,1). Sedangkan uji linieritas dan uji keberartian persamaan regresi, Y = 110,96 + 135,87X mempunyai hubungan yang linier pada taraf signifikan 5% karena untuk uji linier Fhitung < Ftabel (0,217 < 2,39) dan koefisien arah regresi Y atas X adalah berarti karena Fhitung > Ftabel (8,81 > 4,20 ). Hasil analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,987 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N= 30 sebesar 0,361. Dengan demikian rxy > rtabel (0,987 > 0,361). Dengan mengkonsultasikan harga ttabel terhadap thitung terlihat bahwa harga thitung > ttabel (32,47 > 1,701). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Media Cetak Terhadap Pemilihan Kosmetik Pada Guru – Guru SMK Negeri 1 Berastagi.
Kata Kunci : Penggunaan Media Cetak, Pemilihan Kosmetik
Full Text:
PDFReferences
Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
AzharArsyad.2009.MediaPembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Christin. 2009. Pengaruh Media Massa Dalam Perubahan Sosial. Diakses jumat 7 maret 2014 dari http// google.com
Chenny Han. 2010. Make- up Bibir. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Clarinase. 2013. Cara cerdas memilih kosmetik. Diakses pada 11 Maret 2015 darihttp:/artikelkesehatannwanita.com.html
Daryanto.2012.MediaPembelajaran.Bandung: PT. Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera
Dwiyogo. 2002. Dimensi-Dimensi Teknologi Pembelajaran. Malang: Wineka Media
Djajadisastra.2009.TekhnologiKosmetik.Tangerang: Departemen Farmasi FMIPA Universitas Indonesia
Ernes. 2004. Tips Kecantikan. Jakarta: Restu Agung
Gusnaldi. 2009. Make Up Korektif. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama
Kusumawardhani . 2014. Color Palette. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum
Lasantha.2011.http//imaginativecenda.blogspot.com/2011/02 ( di akses senin, 3 maret 2013)
Morissan.2010.Periklanan Komuikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta. Kharisma Putra Utama.
Nur’an, Am. 2009. Rahasia Dibalik Kosmetika. Jakarta: Beranda Media IImu.
Primadiati, Rachmi. 2001. Panduan Kosmetika, Jakarta: PT Gramedia
Puspita utama. 2011. Sejarah surat kabar majalah. Diakses rabu, 11 Maret 2015 http//puuspitaolpr.blogspot.com/2011/08/sejarah surat kabar majalah tabloid.html
Rahmawati. (2010). Fungsi dan manfaat media cetak. Di akses pada 11 Maret 2015 dari http:/pelangii21sekretaris.html
Retno Iswari T, Fatma Latifah, 2007. Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: Gramedia Pusatka Utama
Roeswoto.H.I. 1995. Tata Kecantikan Kulit Tingkat Terampil. Jakarta: Vika Press
Sanggarwaty, Ratih. 2003. Kiat Menjadi Model Professional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Suryawan, Debbie s. 2006. Beauty Expose By Andiyanto .Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v1i1.7726
Article Metrics
Abstract view : 311 timesPDF - 939 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.