ANALISIS HASIL PRAKTEK TEKNIK POLA PENATAAN KEPANG PADA MATA PELAJARAN PENATAAN SANGGUL TANPA SASAK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui hasil penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) sesuai arah desain rambut pola asimetris. 2) Untuk mengetahui hasil keketatan, dan kepadatan rambut penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) pola asimetris. 3) untuk mengetahui hasil kerapian penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) pola asimetris. 4) untuk mengetahui hasil ketepatan waktu penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) pola asimetris di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu, hasil praktek penataan teknik kepang kedalam (kepang datara) pola asimetris. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 35 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan sebanyak 3 orang pengamat untuk mengukur hasil penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) pola asimetris. Hasil dianalisis dengan menggunakan teknik statistik dasar yang digambarkan dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil praktek siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dalam penataan kepang memperoleh nilai rata-rata (M) 73,9 dan standart deviasi (SD) 9,34 tergolong baik, karena berada di ats nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 7,0. Hasil praktek penataan kepang siswa yang berada di atas nilai rata-rata sebanyak 23 siswa (66%) dan hasil praktek penataan kepang siswa yang berada di bawah nilai rata-rata sebanyak 12 siswa (34%). Hasil hasil penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) sesuai arah desain rambut pola asimetris memperoleh nilai tertinggi (80-89) kategori baik sebanyak 16 siswa (45%), pada indikator hasil kerapian penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) pola asimetris memperoleh nilai tertinggi (75-79) kategori cukup berjumlah 14 siswa (40%), indikator hasil keketatan, dan kepadatan rambut penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) pola asimetris dan kesesuaian memperoleh nilai tertinggi (<75) dengan kategori kurang berjumlah 35 siswa (100%) dan indicator untuk mengetahui hasil ketepatan waktu penataan teknik kepang kedalam (kepang datar) pola asimetris memperoleh nilai tertinggi (<75) dengan kategori kurang berjumlah 23 siswa (66%). Berdasarkan hasil perhitungan penilaian pengamatan ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil dari ketiga pengamat serta memiliki pemahaman yang sama dalam menilai penelitian dimana Fobservasi<Ftabel (0,0007<3,30).
Kata kunci : Siswa SMK, Hasil Praktek, Pola Penataan KepangFull Text:
PDFReferences
Aprilia Ade. (2014). Braid Bunch. Jakarta : Gramedia Pustaka Umum
Arikunto,Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rneka Cipta
Ari kunto. (2010). Pengantar Evaluasi pendidika, Jakarta: PT.Rineka Cipta
Ari kunto.S.(1995). Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. RinekaCipta
Basuki, K.S. (2000). Penataan Rambut, Jakarta : Gunung Mulia
Chitrawawti.(1987). Kecantikan dan Berbusana Jakarta : Rineka Cipta
Dewi Kusuma. (1999). Pengetahuan dan Seni Tatarias Rambut Modern. Jakarta: Meuti Cipta Sarana & DPP. Tiara Kusuma
Husain, Shanaz. (2005). Buku Kecantikan Sejati (The Book of Absulute Beauty) Jakarta : Mestika
Ismail. (1992). Rambut Indah. Bandung : Tarsito
Kamus Bahasa Indonesia. (2002). Jakarta : Balai Pustaka
Kusumadewi (2003) Rambut Anda (masalah perawatan dan penataannya). Jakarta : Gramedia Pustaka Umum
Kusumawardhani, Reni, (2010) UPDO 24 Simple Hairstyles By Sugimartono. Jakarta : PT. Carina Indah Utama
Lingga, Sandra. (2010). Sanggul Elegan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Martha Puspita. (2011). Straind Braind Up Do. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Rostamailis, DKK. (2008). Tata Kecantikan Rambut Jilid 2: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & B. Bandung: CV. Alfabeta
Sutriari. DKK. (2010). Penataan Rambut Jilid 3 : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Wardhani. (2004). Pola Penataan Rambut Jilid 2: : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Majalah GLAM beauty &classy Up Edisi 4 November 2010
http:///artikata.com/arti teknik. Html dilansir pada september 2014
http:///langkir 1 st.blogspot.com/konsep penataan_rambut.html dilansir pada September 2014
DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v1i1.7727
Article Metrics
Abstract view : 643 timesPDF - 2250 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.